Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image

Tausyiah

  • Sabtu, 25 September 2010
  • sanjayatrade
  • Silahkan Klik Dibawah ini :

    Lagu2anak.blogspot.com: One to Ten (Satu Sampai Sepuluh)

  • Kamis, 23 September 2010
  • sanjayatrade
  • Lagu2anak.blogspot.com: One to Ten (Satu Sampai Sepuluh): "Yuu Belajar angka dan penjumlahan dalam bahasa Inggris lewat lagu ini... Terjemahan: Satu...Aku angkat tanganku. Dua...Saat aku bilang,'Pe..."

    Lagu2anak.blogspot.com: Let's Sing A Happy Song

  • sanjayatrade
  • Lagu2anak.blogspot.com: Let's Sing A Happy Song: "Saat buah hati anda merasa sendiri... Atau sedang melamun karena tidak ada teman? Ajak dia bernyanyi lagu ini! Pasti dia akan menjadi ce..."

    Lagu2anak.blogspot.com: I LOVE U MY MOM, (Kak Zepe Children Song)

  • sanjayatrade
  • Lagu2anak.blogspot.com: I LOVE U MY MOM, (Kak Zepe Children Song): "klik di tanda panah di bawah ini untuk mendengarkan lagunya: Engkau adalah cahaya di dalam gelapku...."

    Lagu2anak.blogspot.com: Kak Zepe's BIG BIG BIG Children Song

  • sanjayatrade
  • Lagu2anak.blogspot.com: Kak Zepe's BIG BIG BIG Children Song: "Hai Adik-adik.... Yuk belajar tentang kata sifat....Dalam lagu ini adik2 bisa belajar membedakan besar dan kecil...penjang dan pendek da..."

    Lagu2anak.blogspot.com: My First Day School

  • sanjayatrade
  • Lagu2anak.blogspot.com: My First Day School: "Blog lagu, dongeng, pendidikan anak:http://www.lagu2anak.blogspot.comhttp://www.funchildsongs.blogspot.com(Zepe Heru Saputra S.S)"

    Lagu2anak.blogspot.com: Home Sweet Home

  • sanjayatrade
  • Lagu2anak.blogspot.com: Home Sweet Home: "Rumahku Istanaku Aku tinggal di sebuah rumah yang indah Aku tinggal dengan keluargaku Kami semua bahagia bersama Karena kami saling menyaya..."

    KEANGGOTAAN RESELLER

  • sanjayatrade
  • KEANGGOTAAN RESELLER
    Nucleus Smart Publishing


    Untuk menjadi anggota Reseller Nucleus Smart Publishing, anda membayar biaya registrasi sebesar Rp. 300.000. Dengan membayar biaya registrasi tersebut anda akan mendapatkan :

    1. Kartu aktivasi, yang selanjutnya digunakan sebagai kartu anggota Reseller Nucleus Smart Publishing anda.
    2. Sample produk CD Digital Library Buku Sekolah Elektronik (BSE),1 set (15 keping).
    3. Hak usaha dan bisa di wariskan.
    4. Virtual office, sebagai kantor pribadi anda.

    Untuk mengetahui proses pendaftaran, syarat dan ketentuan menjadi anggota Reseller Nucleus Smart Publishing secara lengkap, silahkan lihat di buku panduan atau buka pada menu ketentuan.
    BAGI HASIL Reseller Nucleus Smart Publishing.
    Setelah anda resmi menjadi anggota “Reseller Nucleus Smart Publishing”, Bagi hasil yang bisa anda dapatkan sebagai berikut :
    1. Bagi Hasil Sponsor (Rp.50.000)

    Bagi Hasil Sponsor sebesar Rp.50.000,- didapatkan ketika anda bisa merekrut orang untuk menjadi anggota baru di Reseller Nucleus Smart Publishing (Member get member). Setiap member yang mensponsori, maka mendapatkan bagi hasil sponsor. Semakin banyak orang yyang anda sponsori, semakin besar bagi hasil sponsor Anda.

    Untuk mengetahui proses pendaftaran, syarat dan ketentuan menjadi anggota Reseller Nucleus Smart Publishing secara lengkap, silahkan lihat di buku panduan atau buka pada menu ketentuan.
    BAGI HASIL Reseller Nucleus Smart Publishing.
    Setelah anda resmi menjadi anggota “Reseller Nucleus Smart Publishing”, Bagi hasil yang bisa anda dapatkan sebagai berikut :
    1. Bagi Hasil Sponsor (Rp.50.000)

    Bagi Hasil Sponsor sebesar Rp.50.000,- didapatkan ketika anda bisa merekrut orang untuk menjadi anggota baru di Reseller Nucleus Smart Publishing (Member get member). Setiap member yang mensponsori, maka mendapatkan bagi hasil sponsor. Semakin banyak orang yyang anda sponsori, semakin besar bagi hasil sponsor Anda.

    Pagelaran Mahasiswa Nasional bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi Tahun 2010

  • sanjayatrade
    • geMasTIK
    • geMasTIK atau Pagelaran Mahasiswa Nasional bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi Tahun 2010, merupakan program Direktorat Penilitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (DP2M) DIKTI, sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas peserta didik sehingga mampu mengambil peran sebagai agen perubahan dalam memajukan TIK dan pemanfaatannya di Indonesia. geMasTIK adalah pergelaran berbagai kegiatan mahasiswa tingkat sarjana dan diploma dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia dalam bidang TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi).
    • PEMILIK KEGIATAN
    • Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Kementrian Pendidikan Nasional Republik Indonesia
    • PENYELENGGARA KEGIATAN
    • Perguruan Tinggi Penyelenggaran Kegiatan geMasTIK :
      • Tahun 2010 di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya
    • LATAR BELAKANG
    • Adapun latar belakang yang mendasari perlunya diselenggarakan suatu wadah kompetisi dalam bidang TIK, khususnya bagi kalangan mahasiswa Indonesia di tingkat nasional, yaitu:
      • TIK di kalangan mahasiswa sangat pesat perkembangannya
      • Belum ada wadah yang cukup kompetitif dan terpadu semacam PIMNAS
      • Adanya gap yang cukup lebar mengenai ketersediaan dan kesiapan SDM bangsa Indonesia di bidang SDM TIK
      • TIK memiliki potensi sebagai enabler di semua segi kehidupan dan berdampak luas bagi masyarakat
      • Sebagai bagian kompetisi berjenjang menuju kompetisi TIK berskala internasional
      • Merupakan wadah yang bisa merangkul kegiatan/event sejenis yang diselenggarakan oleh banyak pihak
    • TUJUAN
    • geMasTIK secara umum bertujuan menjembatani hasil riset dan informasi mengenai perkembangan TIK antara pihak akademisi, industri dan pemerintah, yaitu khususnya :
      • Meningkatkan hubungan/interaksi di lingkungan dunia akademisi juga dunia akademisi dengan industri dalam pengembangan TIK
      • Mendorong peningkatan kegiatan riset TIK di kalangan mahasiswa perguruan tinggi dan menerapkan TIK di lingkungan masyarakat Indonesia
      • Meningkatkan kreativitas dan kepekaan mahasiswa dalam pengembangan TIK
      • Penyebarluasan informasi dan penguasaan TIK di lingkungan PT ke segenap kalangan masyarakat Indonesia
      • Ikut meningkatkan jumlah HAKI di Indonesia
      • Membudayakan iklim kompetitif di lingkungan Perguruan Tinggi
      • Mendorong interaksi antara PT dengan memanfaatkan teknologi TIK
      • Mengetahui kebutuhan dan kompetensi Sumber Daya Manusia dalam bidang TIK serta trend teknologi ke depan
    • HASIL YANG DIHARAPKAN
    • Manfaat yang diharapkan dari penyelenggaraan geMasTIK ini adalah sebagai berikut :
      • Dihasilkannya karya inovatif ilmiah mahasiswa bidang TIK yang dapat diterapkan langsung untuk kepentingan dan kesejahteraan masyarakat
      • Didapatkannya temuan-temuan baru dalam bidang TIK yang diteliti oleh kalangan mahasiswa sebagai hasil penalaran dan keilmuan, baik yang diperoleh secara terstruktur melalui pendekatan kuliah formal maupun secara otodidak
      • Dihasilkannya karya tulis sebagai sumbangan dan masukan baik kepada kalangan kampus sendiri maupun masyarakat umum di luar kampus
      • Tersebarkannya informasi dan perkembangan TIK di Indonesia pada khususnya dan di seluruh dunia pada umumnya
      • Meningkatnya kesadaran masyarakat Indonesia akan manfaat penggunaan TIK
      • Terbangunnya komunikasi yang baik antar ahli di sub bidang TIK sehingga terjadi saling menghargai pada sub bidang yang lain
      • Meningkatkan peran serta dunia usaha, industri, dan masyarakat luas dalam peningkatan kualitas dan produktivitas karya ilmiah ekstra kurikuler mahasiswa
      Sumber : http://www.gemastik.its.ac.id

      Lomba Piranti Cerdas geMAS 2010 di ITS

    • sanjayatrade
      • TUJUAN DAN LINGKUP KONTES
      • Lomba Piranti Cerdas adalah kompetisi hasil-hasil karya penelitian ilmiah atau rekayasa pada keilmuan teknik elektro yang bertujuan untuk mendorong dihasilkannya karya-karya penelitian inovatif yang mengintegrasikan aspek-aspek desain, dari desain sistem hingga perangkat, metodologi dan implementasi. Topik-topik yang tercakup dalam lingkup Lomba Piranti Cerdas meliputi tiga bidang rekayasa :
        1. Automation Electronics Design
          Hasil desain yang dikompetisikan dari bidang automation electronics design meliputi desain-desain analog dan digital, programmable circuits and system yang ditujukan untuk mendukung sistem automation.

          Bidang-bidang otomasi: Automation in Life Sciences & Laboratory Automation, Construction Automation, Distributed Control Systems, Health Care Delivery Engineering, Hybrid and Discrete-Event Systems, Information-Based Manufacturing, Internet Analytics and Automation, Manufacturing Systems, Networked Industrial Automation, Planning, Scheduling, and Coordination, Reconfigurable Automation Systems, RFID Application, Sensors Instrumentation and Measurement, Sensor Networks and Fusion, Service/Office/Home Automation, Run-Book Automation, Supply Chain, Logistics, and Transportation, System Modeling and Simulation, Vision in Automation, Wireless Automation, Remote Control Systems, Semiconductor Manufacturing, Automation/Assembly for Micro/Nano Technologies.

          Perangkat-perangkat otomasi yang dapat digunakan: ANN - Artificial Neural Network, DCS - Distributed Control System, HMI - Human Machine Interface, LIMS - Laboratory Information Management System, MES - Manufacturing Execution System, PAC - Programmable automation controller, PLC - Programmable Logic Controller, SCADA - Supervisory Control and Data Acquisition, Fieldbus, Simulation.

          Hasil desain yang dikompetisikan dapat direalisasi dalam bentuk: integrated circuits (ICs), systems on chips (SoCs), reconfigurable processors, platform-based atau embedded systems designs.

          Hasil desain yang dikompetisikan bisa bersifat: operational (desain IC telah dibangun dan diuji), system design (FPGA atau programmable architectures lainnya), conceptual (desain yang telah disimulasikan tetapi belum diimplementasikan).

        2. Acoustic, Speech, and Signal Processing
          Hasil desain yang dikompetisikan dari bidang Acoustic, Speech, and Signal Processing yang terkait dengan area-area berikut: Signal Processing Theory and Methods, Audio and Electroacoustics, Speech and Spoken Language Processing, Image and Multidimensional Signal Processing, Signal Processing for Communication, Sensor, Array and Multichannel Signal Processing, Design and Implementation of Signal Processing Systems, Machine Learning for Signal Processing, Bio Imaging and Signal Processing.

        3. Antenna and Propagation
          Hasil desain yang dikompetisikan dari bidang antenna and propagation mencakup topik-topik yang terkait dengan area-area berikut:
          1. Antennas and Related Topics : Microstrip and Printed Antennas, Millimeter Wave and Sub-Millimeter Wave Antennas, Active and Integrated Antennas, Reflector/Lens Antennas and Feeds, Array Antennas, Phased Arrays and Feeding Circuits, Optical Technology in Antennas, Small Antennas, Mobile and Base Station Antennas, Adaptive and Smart Antennas, Antenna Measurements, Multiband/wideband Antennas, Slot Antennas.
          2. Propagation and Related Topics : Mobile and Indoor Propagation, Remote Sensing, Mobile Channel Characterization and Modeling, SAR Polarimetry and Interferometry, Millimeter and Optical Wave Propagation, Ionospheric Propagation, Earth-Space and Terrestrial Propagation, Radio Astronomy
          3. Systems and Other Related Topics : Biological Effects and Medical Applications, Subsurface Sensing High Power Microwave Applications, EMC/EMI Simulations and Measurements, Advanced Materials for EM Applications, Chip Level Electromagnetic Phenomena – Interconnection and Packaging, UWB and Impulse Radio RFID and Applications, Ubiquitous Network Systems, Satellite Communication Systems, Radio Technologies for Intelligent Transportation Systems.
          4. Electromagnetic Wave Theories : Complex/Artificial Media and Metamaterials, Scattering and Diffraction, Computational Electromagnetic, Wave Guiding Structures, Theoretical Electromagnetic and Analytical Methods, Periodic and Band-Gap Structures, High-Frequency Techniques, Time Domain Techniques, Inverse Problems, Microwave Circuits, Random Media and Rough Surfaces.
      • BENTUK KOMPETISI DAN TANGGAL - TANGGAL PENTING
        1. Kompetisi dilaksanakan berdasarkan penilaian makalah yang siap dipublikasikan, yang didasarkan pada pemodelan atau hasil perancangan yang telah disimulasikan, atau prototipe perangkat yang telah diuji.
        2. Tim peserta yang berminat mengikuti Lomba Piranti Cerdas diwajibkan melaksanakan pendaftaran pada tanggal 1 April – 30 Juli 2010 secara online melalui situs http://gemastik.its.ac.id untuk meregistrasikan data diri tim peserta.
        3. Tim peserta Lomba Piranti Cerdas diwajibkan mengirimkan proposal makalahnya secara online, sekurang-kurangnya dalam bentuk extended abstract pada tanggal 1 April – 30 Juli 2010 untuk dilakukan penjurian babak penyisihan.
        4. Saringan penyisihan tim kontestan yang akan dinyatakan lolos pada babak final dilaksanakan oleh juri selama masa penjurian tanggal 31 Juli– 16 Agustus 2010, berdasarkan penilaian in absentia terhadap proposal makalah.
        5. Lomba Piranti Cerdas akan menghadirkan 15 (lima belas) tim kontestan yang dinyatakan lolos babak final yang diumumkan pada tanggal 20 Agustus 2010.
        6. Tim peserta yang dinyatakan lolos ke babak final diberi kesempatan untuk menyelesaikan implementasi/realisasi perangkat peraga karya ilmiahnya dan menyempurnakan makalahnya, untuk kemudian makalah versi terakhir dari tim peserta babak final tersebut harus dikirimkan secara online paling lambat pada tanggal 2 Oktober 2010.
        7. Konformasi kehadiran tim peserta babak final pada babak final geMasTIK III-2010 didaftarkan secara online pada tanggal 5 September – 1 Oktober 2010.
        8. Penilaian terhadap karya ilmiah dari tim peserta pada babak final dilaksanakan pada puncak acara geMasTIK III-2010 pada tanggal 6 – 7 Oktober 2010 dengan menampilkan versi terakhir makalahnya, melaksakan presentasi dan memperagakan hasil implementasi rancangan karya ilmiahnya di hadapan dewan juri babak final Lomba Piranti Cerdas.
        9. Dari penjurian babak final akan ditentukan tiga tim peserta terbaik sebagai Pemenang I, II, dan III Lomba Piranti Cerdas yang akan diumumkan pada upacara penutupan geMasTIK III-2010 pada tanggal 7 Oktober 2010.
      • SYARAT KARYA YANG DIKOMPETISIKAN
      • Persyaratan karya yang diikutsertakan dalam Lomba Piranti Cerdas meliputi ketentuan-ketentuan sebagai berikut:
        1. Karya penelitian / pengembangan memiliki kesesuaian pada salah satu lingkup topik yang dikompetisikan.
        2. Karya penelitian/pengembangan belum pernah dipublikasikan dan dikompetisikan dalam kontes lain.
        3. Karya penelitian / pengembangan dapat mengikutsertakan proyek akhir atau tugas akhir yang terkait dengan kegiatan akademik kurikuler pada program studi D3 atau S1 yang diikuti oleh para anggota tim kontestan.
        4. Karya yang diikutsertakan dalam kontes dapat merupakan hasil dari kegiatan yang sudah berjalan proses penelitian / pengembangan-nya.
      • SYARAT PESERTA KOMPETISI
      • Persyaratan peserta Lomba Piranti Cerdas adalah sebagai berikut:
        1. Peserta Lomba Piranti Cerdas adalah tim kontestan yang merupakan sekelompok mahasiswa peserta kontes beserta pembimbing tim.
        2. Ketua Tim adalah mahasiswa program studi S1 atau D3 yang belum lulus / masih aktif, ditunjukkan dengan Kartu Tanda Mahasiswa yang masih berlaku, yang akan tercantum sebagai penulis pertama pada paper dan laporan penelitian / pengembangan.
        3. Anggota tim terdiri mahasiswa program studi S1 atau D3 yang belum lulus / masih aktif, ditunjukkan dengan Kartu Tanda Mahasiswa yang masih berlaku.
        4. Pembimbing Tim adalah dosen / staf pengajar yang ditugaskan oleh institusi.
        5. Jumlah anggota tim kontestan beserta ketua tim dari 3 orang.
        6. Dalam tim kontestan terdapat pembagian tugas yang jelas untuk semua anggota, sesuai dengan keahliannya / penguasaannya.
      • TAHAP - TAHAP KOMPETISI
      • Kompetisi Lomba Piranti Cerdas terdiri dari dua babak :
        1. Babak Penyisihan :
          1. Babak Penyisihan dilaksanakan secara in absentia melalui sidang penilaian oleh panel juri terhadap karya-karya penelitian / pengembangan yang diusulkan melalui proposal pada kelengkapan pendaftaran.
          2. Dari Babak Penyisihan akan dihasilkan 15 (lima belas) karya terbaik yang akan diundang dalam Smartware Contest untuk mengikuti babak kompetisi selanjutnya, yaitu Babak Final Smartware Contest.
        2. Babak Final :
          1. Babak Final Smartware Contest adalah presentasi pleno lintas disiplin yang mengkompetisikan 15 karya terbaik dari Babak Penyisihan.
          2. Tim kontestan Babak Final Smartware Contest melaksanakan presentasi di hadapan panel juri lintas disiplin dari seluruh kategori kontest.
          3. Dari Babak Final Piranti Cerdas akan diputuskan para Pemenang I, II, dan III Lomba Piranti Cerdas.
      • PERSYARATAN PENDAFTARAN TIAP TAHAP KOMPETISI
        1. Dalam masa pendaftaran pada tanggal 1 April – 30 Juli 2010 ketua tim kontestan mengirimkan data pendaftaran yang terdiri dari :
          1. Identitas tim kontestan, memuat nama tim dan asal perguruan tinggi dengan 1 orang ketua tim, 2 orang anggota, dan 1 orang dosen pembina, berikut data alamat email, nomor telepon, dan jenis kelamin.
          2. Judul karya yang akan dikompetisikan.
          3. Pengiriman data dilakukan secara on-line
          4. Sebelum proses pendaftaran tim kontestan / pemakalah, masing-masing peserta harus mendaftarkan diri secara personal untuk mendapatkan fasilitas login yang dikirimkan melalui email.
        2. Dalam masa pengiriman proposal pada tanggal 1 April – 30 Juli 2010 tim kontestan mengirimkan berkas-berkas:
          1. Proposal kontes, yang sekurang-kurangnya berisi: judul, abstrak, latar belakang, tujuan penelitian/pengembangan, lingkup karya penelitian/ pengembangan, laporan ringkas hasil awal/sementara dari kegiatan penelitian/pengembangan yang telah dilakukan jika sudah ada, atau yang diinginkan jika belum ada.
          2. Pengantar dari institusi, minimal dari Wakil Rektor/Ketua/Direktur Bidang Kemahasiswaan.
          3. Pernyataan karya penelitian/pengembangan belum pernah dipublikasikan dan diikutsertakan dalam kontes lain.
          4. Berkas-berkas dikirimkan dalam format PDF, di-upload melalui melalui situs.
        3. Makalah final tim kontestan yang lolos ke babak final wajib dikirimkan paling lambat pada tanggal 2 Oktober 2010, yaitu terdiri dari :
          1. Makalah versi final dalam format PDF yang sekurang-kurangnya berisi: judul, abstrak, latar belakang, tujuan penelitian / pengembangan, lingkup karya penelitian/ pengembangan, laporan lengkap hasil awal / sementara dari kegiatan penelitian/pengembangan yang telah dilakukan.
          2. Materi presentasi makalah final dalam format PPT (Power Point).
          3. Berkas-berkas dikirimkan dalam format PDF, di-upload melalui melalui situs.
        4. Tim kontestan finalis diwajibkan menyampaikan secara online konfirmasi kehadirannya dalam acara puncak geMasTIK di Kampus ITS Surabaya.
      • MEKANISME DAN KRITERIA PENILAIAN
      • Pelaksanaan mekanisme dan kriteria penilaian karya penelitian / pengembangan dijelaskan sebagaimana tabel di bawah ini.
        Babak Kompetisi Peran Peserta Mekanisme Penilaian Kriteria
        Penyisihan Mengirimkan dokumen pendaftaran dan proposal secara online
        • Penilaian proposal in absentia terhadap semua proposal dari tim kontestan
        • Penentuan 15 tim kontestan terbaik
        • Jika dimungkinkan diperoleh 5 tim terbaik dari setiap bidang rekayasa
        • Dilaksanakan oleh Panel Juri Penyisihan secara online
        • Kemungkinan karya penelitian / pengembangan dapat diselesaikan
        • Kemungkinan dapat memenuhi kriteria kontes babak selanjutnya
        Babak Final Presentasi dan demonstrasi model / simulasi / prototipe secara on site dalam acara puncak geMasTIK
        • Penilaian paper/laporan, presentasi dan demonstrasi
        • Penentuan Pemenang I - II - III
        • Dilaksanakan oleh panel juri Babak Final
        • Belum pernah dipublikasikan dan diikutsertakan dalam kontes lain
        • Keaslian metode / konsep / teknik / aplikasi
        • Integritas dan kualitas karya sebagai suatu proses academic exercise
        • Integritas penulisan paper/laporan
        • Kemungkinan diterapkan untuk masyarakat luas
        • Kelayakan dipublikasikan
        • Kelayakan dipatenkan
        • Kelayakan diikutsertakan dalam student contest internasional
         Sumber : http://www.gemastik.its.ac.id
    • Selasa, 21 September 2010
    • sanjayatrade
    • USUNAN ORGANISASI PUSAT KURIKULUM
      (Permendiknas No. 40 Th. 2006 tentang Organisasi dan Tata Kerja Balitbang Depdiknas)
       

      alam melaksanakan tugas sebagai penyusun bagan kebijakan, Pusat Kurikulum didukung oleh 4 bidang dan 1 bagian ketatausahaan dengan tugas dan fungsi sebagai berikut:
      1.   Bidang Kurikulum Pendidikan Dasar;
            Bidang Kurikulum Pendidikan Dasar mempunyai tugas melaksanakan penyusunan bahan kebijakan bagi pengembangan standar isi dan standar proses, pengembangan kurikulum serta sarana dan prasarana pada jenjang pendidikan dasar.
      2.   Bidang Kurikulum Pendidikan Menengah;
            Bidang Kurikulum Pendidikan Menengah mempunyai tugas melaksanakan penyusunan bahan kebijakan bagi pengembangan standar isi dan standar proses, pengembangan kurikulum serta sarana dan prasarana pada jenjang pendidikan menengah.
      3.   Bidang Kurikulum Pendidikan Pendidikan Khusus;
            Bidang Kurikulum Pendidikan Pendidikan Khusus mempunyai tugas melaksanakan penyusunan bahan kebijakan bagi pengembangan standar isi dan standar proses, pengembangan kurikulum serta sarana dan prasarana pada jenjang  pendidikan khusus.
      4.   Bidang Kurikulum Pendidikan Non Formal;
            Bidang Kurikulum Pendidikan Nonformal mempunyai tugas melaksanakan penyusunan bahan kebijakan bagi pengembangan standar isi dan standar proses, pengembangan kurikulum serta sarana dan prasarana pada jenjang  pendidikan nonformal.
      5.   Bagian Tata Usaha;
            Bagian Tata Usaha mempunyai tugas melakukan urusan perencanaan, persuratan, kepegawaian, keuangan, dan kerumahtanggaan.
      Bagian Tata Usaha terdiri atas :
      a.   Subbagian Kepegawaian dan Keuangan, mempunyai tugas melakukan urusan perencanaan, kepegawaian dan keuangan;
      b.   Subbagian Rumahtangga, mempunyai tugas melakukan urusan persuratan, kearsipan, perlengkapan, keamanan, kebersihan, dan keprotokolan. 

      Sumber : http://www.puskur.net

      Bantuan Teknis Pengembangan Kurikulum

    • sanjayatrade

    • Diah Harianti
      (Kepala Pusat Kurikulum - Balitbang Kemdiknas)

      manat UUSPN serta peraturan-peraturan di bawahnya yang berhubungan dengan pengembangan kurikulum mengakibatkan fungsi dan tugas Pusat Kurikulum mengalami perubahan besar. Pusat Kurikulum yang pada pengembangan kurikulum 75, 84, 94 menjadi ujung tombak, setelah keluar UUSPN bukan lagi sebagai institusi yang mengembangkan kurikulum secara nasional. Badan Standar  Nasional Pendidikan (BSNP) memiliki wewenang dalam menetapkan StandarNasional Pendidikan, termasuk diantaranya adalah Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan. Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan menjadi acuan utama sekolah dalam menyusun kurikulum masing-masing.



       
      Kebijakan Pengembangan Kurikulum

      Perubahan wewenang pengembangan kurikulum nasional ini tidak menjadikan Pusat Kurikulum kehilangan pekerjaan. Tugas Pusat Kurikulum berubah antara lain menjadi membantu sekolah untuk mampu menyusun kurikulum sekolah masing-masing. Pekerjaan ini bukan pekerjaan yang ringan karena saat ini di Indonesia ada 43.461 SD; 12731 SMP, 4499 SMA, 2655 SMK, belum termasuk Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Luar Biasa dan madrasah. Banyaknya sekolah yang tersebar di seluruh Indonesia tidak memungkinkan Pusat Kurikulum membantu sekolah satu persatu. Harus ada strategi agar sekolah mampu menyusun kurikulum masing-masing.
      Dengan adanya hak maupun tanggung jawab sekolah untuk menyusun kurikulum masing-masing yang disesuaikan dengan kebutuhan, kondisi dan kekhasannya maka diperlukan upaya untuk memberdayakan sekolah dan daerah agar mereka mampu memahami kebutuhan, kondisi dan kekhasan masing-masing. Harapannya adalah agar mereka dapat mengembangkan kurikulum yang mampu menjadi tulang punggung dalam meningkatkan kemampuan sumber daya manusia daerah tersebut melalui pendidikan yang berdaya saing nasional bahkan internasional sesuai dengan potensi dan kebutuhan masing-masing, baik dalam menciptakan sekolah bertaraf internasional, sekolah berbasis keunggulan lokal, sekolah mandiri maupun sekolah standar. 

      Diversifikasi Kurikulum

      Pengembangan kurikulum yang disesuaikan dengan kebutuhan, potensi, dan kondisi daerah maupun sekolah memerlukan penerjemahan dari pihak sekolah maupun daerah tentang mau ke mana pendidikan di sekolah maupun di daerah itu. Pemerintah pusat tidak memiliki kemampuan untuk menerjemahkan ini sehubungan dengan kompleksitas dan variasi masing-masing daerah dan sekolah. Kemampuan untuk menerjemahkan kebutuhan, potensi, kondisi daerah, dan sekolah sehingga menjadi kurikulumsekolah masing-masing harus dimiliki oleh “stakeholder” daerah dan sekolah tersebut. Kemampuan ini diharapkan mampu membuat pengembangan kurikulum sekolah terus menerus berkembang sehingga menjadi kurikulum yang sesuai untuk sekolah dan daerah tersebut. Oleh karena itu bukan hanya penyusunan kurikulum sekolah saja yang penting, tetapi kemampuan untuk melakukan pengembangan kurikulum yang terus menerus lebih penting lagi. Siklus (penyusunan, pelaksanaan, evaluasi) dalam pengembangan kurikulum untuk mencapai kesempurnaan harus berjalan baik di tingkat sekolah maupun daerah. Stakeholder di daerah dan sekolah harus tahu kurikulum macam apa yang diperlukan oleh mereka.
      Adanya kondisi tersebut di atas menumbuhkan pemahaman pada Pusat Kurikulum bahwa membantu sekali saja untuk mengembangkan kurikulum awal masing-masing sekolah tidak cukup. Yang penting adalah kemampuan sekolah untuk menyusun dan melakukan perbaikan terus menerus sehingga kurikulum sekolah masing-masing menjadi sempurna. Sehingga yang diperlukan adalah pemberdayaan daerah dan sekolah agar mereka akhirnya mampu secara mandiri melakukan pengembangan kurikulum masing-masing. Mereka menjadi mampu menyusun dan mengembangkan kurikulum masing-masing dan mampu berinisiatif kepada siapa harus mencari pertolongan jika mengalami kesulitan dalam perjalanannya melakukan penyempurnaan kurikulum. Itulah pentingnya pemberdayaan sekolah dan daerah.

      Pemberdayaan Sekolah

      Usaha pemberdayaan sekolah dan daerah dalam pengembangan kurikulum oleh Pusat Kurikulum dilakukan melalui bantuan teknis pengembangan kurikulum, baik di tingkat provinsi maupun di tingkat kab/kota. Di tingkat provinsi diharapkan adanya TPK yang memiliki kemampuan untuk melakukan pengembangan kurikulum sehingga mampu memberikan bantuan teknis pengembangan kurikulum kepada Tim Pengembang Kurikulum kabupaten/kota. Pemberdayaan di tingkat provinsi dikonsentrasikan pada usaha pengembangan kurikulum secara luas sampai dengan kemampuan tim untuk melakukan evaluasi dan monitoring pelaksanaan kurikulum di daerah masing-masing. Pemberdayaan di tingkat kabupaten/kota dikonsentrasikan pada kemampuan tim untuk melakukan pendampingan pengembangan kurikulum di sekolah. Sehingga kompetensi melakukan analisis konteks untuk menyusun kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan, potensi dan kekhasan sekolah diperlukan.

      Berbagai kendala untuk mewujudkan usaha pemberdayaan daerah dan sekolah agar mampu menyusun kurikulum masing-masing selalu ada. Pada awalnya, kemampuan staf Pusat Kurikulum yang kurang memadai merupakan kendala utama. Dengan melakukan pengembangan kemampuan staf sambil memberikan bantuan teknis ke daerah mengakibatkan staf bisa belajar sambil bekerja sehingga kemampuan terasah dan terserap cepat. Ketidakstabilan pendanaan untuk sosialisasi KTSP menyebabkan Pusat Kurikulum juga mengalami pemotongan dana yang cukup besar. Akibatnya perencanaan yang telah matang dilakukan pada awalnya menjadi sangat terhambat dalam pelaksanaannya sehingga ketidakpercayaan daerah pada Pusat Kurikulum timbul. Tetapi semangat daerah yang besar dalam menyambut kurikulum baru ini menjadi obat yang sangat mujarab bagi Pusat Kurikulum untuk berbuat yang terbaik bagi terlaksananya pendidikan yang berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan, potensi dan kekhasan daerah.

      Sampai saat ini dari hasil monitoring yang telah dilakukan oleh Pusat Kurikulum sebagian besar daerah telah memulai melaksanakan KTSP. Walaupun sebagian besar dari sekolah melaksanakan masih adopsi atau adaptasi dari model kurikulum yang ada. Diharapkan dengan bantuan teknis pengembangan kurikulum yang dilakukan oleh berbagai pihak akan semakin mematangkan sekolah dan daerah tentang konsep dan filosofi KTSP sehingga mendorong mereka untuk menyusun KTSP sesuai dengan kondisi masing-masing.

      Semakin kuat keyakinan tentang perlunya penyusunan kurikulum sekolah yang mengacu pada Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan dan disesuaikan dengan kebutuhan, potensi dan kekhasan sekolah masing-masing ketika saya datang di dua SMP yang berdekatan. Meskipun dua SMP ini berada di lingkungan yang berdekatan tapi ternyata kondisi muridnya sangat berbeda jauh. SMP A mempunyai peserta didik yang hampir seluruhnya datang dari kalangan menengah ke atas dengan prestasi belajar tinggi. Semua ingin melanjutkan ke Perguruan Tinggi. Sedangkan SMP B mempunyai peserta didik yang sebagian besar datang dari kalangan sosial ekonomi yang kurang beruntung sehingga bagi mereka segera lulus SMP dan bekerja untuk memperoleh penghasilan adalah tujuan utama bersekolah. Masing-masing sekolah tersebut akan menyusun kurikulum yang sangat berbeda. SMP A akan menfokuskan pada pelajaran dengan higher order thinking yang memungkinkan peserta didik memiliki cara berpikir akademis yang tinggi supaya mampu masuk perguruan tinggi. Sedangkan SMP B akan memperkaya mata pelajaran dengan kegiatan-kegiatan yang menumbuhkan keterampilan-keterampilan untuk bekerja sehingga peserta didik merasa memiliki manfaat besar telah bersekolah di SMP B.

      Dua SMP ini harus mampu menyusun kurikulum masing-masing yang sangat berbeda. Kompetensi minimal lulusannya akan sama, tetapi kompetensi tambahannya akan berbeda. Hanya dengan melakukan pemberdayaan daerah dan sekolah untuk mampu melakukan pendampingan penyusunan kurikulum pada kondisi yang berbeda-beda inilah maka pelaksanaan diversifikasi kurikulum seperti diamanatkan UUSPN akan terjadi.

      Sumber :http://www.puskur.net/

      Panduan Pelaksanaan Supervisi dan Evaluasi SMA Model SKM-PBKL-PSB Tahun 2010 (Perangkat Supervisi dan Materi IHT)

    • sanjayatrade
    • Standar Nasional Pendidikan (SNP) adalah kriteria minimal tentang sistem pendidikan di seluruh wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berfungsi sebagai dasar dalam perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan pendidikan dalam rangka mewujudkan pendidikan nasional yang bermutu. Berkaitan dengan kebijakan SNP tersebut, pemerintah memetakan sekolah menjadi dua kategori yaitu sekolah kategori standar dan sekolah kategori mandiri. Semua sekolah pada akhirnya harus mencapai kategori mandiri yaitu telah memenuhi atau hampir memenuhi 8 SNP. 

      Mengimplementasikan kebijakan pemenuhan SNP tersebut, Dit. Pembinaan SMA pada tahun 2010 melaksanakan pembinaan pemenuhan SNP di 132 SMA melalui program SMA Model SKM-PBKL-PSB. Salah satu bentuk pembinaan yang diberikan kepada sekolah tersebut adalah memantau dan menilai perkembangan pemenuhan SNP melalui kegiatan supervise dan evaluasi. Kegiatan tersebut pada tahun 2010 akan dilakukan dalam dua tahap dimana tahap pertama akan dilakukan pada bulan September/Oktober 2010 dan tahap kedua pada bulan Desember 2010. Proses pelaksanaan supervisi dan evaluasi tahap pertama dijelaskan dalam panduan ini yang secara garis besar memuat tujuan, pengorganisasian, lokasi, petugas, jadwal dan tahapan pelaksanaan, tata tertib, dan pembiayaan.


      Kepada petugas diharapkan dapat melaksanakan tugas secara professional sehingga dapat menghasilkan data dan informasi yang akurat tentang kondisi sebenarnya di sekolah dalam pemenuhan SNP, keterlaksanaan PBKL, PSB dan KTSP.
       
      Lampiran Perangkat Supervisi dan Materi IHT SMA Model Tahun 2010 :

      Publisher Nurjolis, sumber informasi http://psb.dikmenum.go.id

      Pelajar Indonesia di Olimpiade Internasional Astronomi dan Astrofisika

    • sanjayatrade

    • JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak lima pelajar sekolah menengah atas (SMA) Indonesia berkompetisi pada penyelenggaraan Olimpiade Internasional Astronomi dan Astrofisika mulai pekan ini hingga Selasa (21/9/2010) di Beijing, Cina. Tim nasional Indonesia itu bakal bersaing dengan 23 tim lainnya dari 21 negara.

      Mereka adalah Raymond Djajalaksana (SMA Ipeka Sunter, Jakarta), Anas Maulidi Utama (SMAN 5 Surabaya), Hans Triar Sutanto (SMAK 2 Petra Surabaya), Ahmad Raditya Cahya (SMAN 1 Yogyakarta), dan Widya Ageng Setyo Tetuko (SMA Taruna Nusantara Magelang).


      Suryadi Siregar, pimpinan tim dari Institut Teknologi Bandung (ITB), mengatakan, saingan berat Indonesia adalah Korea Selatan, India, Cina, Rusia, serta Iran. Pada olimpiade ini, tes yang dijalani yakni teori, pengamatan, praktik pengolahan data, dan kompetisi tim.


      Tahun ini, kompetisi antartim merupakan pertandingan yang baru. Pada penyelenggaraan yang lalu, kompetisi tim hanya sebagai pameran dan uji coba.

      Selain berkompetisi, peserta juga mengikuti kegiatan ilmiah, antara lain mendengarkan ceramah ilmiah dari astronom profesional dan wisata ilmiah. Kegiatan ini dapat memberikan pengalaman dan pengetahuan kepada para peserta tentang simulasi astronomi yang mirip dengan langit sesungguhnya.

      Publisher Nurjolis, sumber informasi http://www.mandikdasmen.depdiknas.go.id

      Cara Download Google Books

    • Senin, 20 September 2010
    • sanjayatrade

    • wah teringat guru saya yang bertanya bagaimana cara download google book
      nah kali ini saya mau menjawabnya
      maaf ya pak guru baru kejawab haha 


      kali ini saya mau membahas dengan software bernama 
      Google Books Download 3.0.1.309 Portable

      sudah membaca namanya pasti kamu sudah tahu kan hehee
       software ini sudah saya uji dan berhasil

      link download
      http://usershare.net/huyfs7uxp35e
      http://www.enterupload.com/r241p69ga2bk/putrapazzer_GoogleBookDownloader.rar_.html
      ketika aplikasi berjalan saya merekomendasikan dengan download manual  

      Salam Smart!! 

      NNEGARA TERKAYA DI DUNIA

    • Senin, 13 September 2010
    • sanjayatrade
    • Banyak sebenarnya yang tidak tahu dimanakah negara terkaya di planet bumi ini, ada yang mengatakan Amerika, ada juga yang mengatakan negera-negara di timur tengah. tidak salah sebenarnya, contohnya amerika. negara super power itu memiliki tingkat kemajuan teknologi yang hanya bisa disaingi segelintir negara, contoh lain lagi adalah negara-negara di timur tengah.Rata-rata negara yang tertutup gurun pasir dan cuaca yang menyengat itu mengandung jutaan barrel minyak yang siap untuk diolah. tapi itu semua belum cukup untuk menyamai negara yang satu ini. bahkan Amerika, Negara-negara timur tengah serta Uni Eropa-pun tak mampu menyamainya.dan inilah negara terkaya di planet bumi yang luput dari perhatian warga bumi lainya. warga negara ini pastilah bangga jika mereka tahu. tapi sayangnya mereka tidak sadar "berdiri di atas berlian" langsung saja kita lihat profil negaranya.Wooww... Apa yang terjadi? apakah penulis (saya) salah? tapi dengan tegas saya nyatakan bahwa negara itulah sebagai negara terkaya di dunia. tapi bukankah negara itu sedang dalam kondisi terpuruk? hutang dimana-mana, kemiskinan, korupsi yang meraja lela, kondisi moral bangsa yang kian menurun serta masalah-masalah lain yang sedang menyelimuti negara itu.baiklah mari kita urai semuanya satu persatu sehingga kita bisa melihat kekayaan negara ini sesungguhnya.

      1. Negara ini punya pertambangan emas terbesar dengan kualitas emas terbaik di dunia. namanya PT Freeport.


      pertambangan ini telah mengasilkan 7,3 JUTA ton tembaga dan 724,7 JUTA ton emas. saya (penulis= suranegara) mencoba meng-Uangkan jumlah tersebut dengan harga per gram emas sekarang, saya anggap Rp. 300.000. dikali 724,7 JUTA ton emas/ 724.700.000.000.000 Gram dikali Rp 300.000. = Rp.217.410.000.000.000.000.000 Rupiah!!!!! ada yang bisa bantu saya cara baca nilai tersebut? itu hanya emas belum lagi tembaga serta bahan mineral lain-nya.lalu siapa yang mengelola pertambangan ini? bukan negara ini tapi AMERIKA! prosentasenya adalah 1% untuk negara pemilik tanah dan 99% untuk amerika sebagai negara yang memiliki teknologi untuk melakukan pertambangan disana. bahkan ketika emas dan tembaga disana mulai menipis ternyata dibawah lapisan emas dan tembaga tepatnya di kedalaman 400 meter ditemukan kandungan mineral yang harganya 100 kali lebih mahal dari pada emas, ya.. dialah URANIUM! bahan baku pembuatan bahan bakar nuklir itu ditemukan disana. belum jelas jumlah kandungan uranium yang ditemukan disana, tapi kabar terakhir yang beredar menurut para ahli kandungan uranium disana cukup untuk membuat pembangkit listrik Nuklir dengan tenaga yang dapat menerangi seluruh bumi hanya dengan kandungan uranium disana. Freeport banyak berjasa bagi segelintir pejabat negeri ini, para jenderal dan juga para politisi busuk, yang bisa menikmati hidup dengan bergelimang harta dengan memiskinkan bangsa ini. Mereka ini tidak lebih baik daripada seekor lintah!

      2. Negara ini punya cadangan gas alam TERBESAR DI DUNIA! tepatnya di Blok Natuna.


      Berapa kandungan gas di blok natuna? Blok Natuna D Alpha memiliki cadangan gas hingga 202 TRILIUN kaki kubik!! dan masih banyak Blok-Blok penghasil tambang dan minyak seperti Blok Cepu dll. DIKELOLA SIAPA? EXXON MOBIL! dibantu sama Pertamina.

      3. Negara ini punya Hutan Tropis terbesar di dunia. hutan tropis ini memiliki luas 39.549.447 Hektar, dengan keanekaragaman hayati dan plasmanutfah terlengkap di dunia.


      Letaknya di pulau sumatra, kalimantan dan sulawesi.sebenarnya jika negara ini menginginkan kiamat sangat mudah saja buatmereka. tebang saja semua pohon di hutan itu makan bumi pasti kiamat.karena bumi ini sangat tergantung sekali dengan hutan tropis ini untukmenjaga keseimbangan iklim karena hutan hujan amazon tak cukup kuatuntuk menyeimbangkan iklim bumi. dan sekarang mereka sedikit demi sedikitelah mengkancurkanya hanya untuk segelintir orang yang punya uanguntuk perkebunan dan lapangan Golf. sungguh sangat ironis sekali.

      4. Negara ini punya Lautan terluas di dunia. dikelilingi dua samudra, yaitu Pasific dan Hindia hingga tidak heran memiliki jutaan spesies ikan yang tidak dimiliki negara lain.


      Saking kaya-nya laut negara ini sampai-sampai negara lain pun ikut memanen ikan di lautan negara ini.

      5. Negara ini punya jumlah penduduk terbesar ke 4 didunia.


      Bengan jumlah penduduk segitu harusnya banyak orang-orang pintar yang telah dihasilkan negara ini, tapi pemerintah menelantarkan mereka-mereka. sebagai sifat manusia yang ingin bertahan hidup tentu saja mereka ingin di hargai. jalan lainya adalah keluar dari negara ini dan memilih membela negara lain yang bisa menganggap mereka dengan nilai yang pantas.

      6. Negara ini memiliki tanah yang sangat subur. karena memiliki banyak gunung berapi yang aktif menjadikan tanah di negara ini sangat subur terlebih lagi negara ini dilintasi garis katulistiwa yang banyak terdapat sinar matahari dan hujan.


      Jika dibandingkan dengan negara-negara timur tengah yang memiliki minyak yang sangat melimpah negara ini tentu saja jauh lebih kaya. coba kita semua bayangkan karena hasil mineral itu tak bisa diperbaharui dengan cepat. dan ketika seluruh minyak mereka telah habis maka mereka akan menjadi negara yang miskin karena mereka tidak memiliki tanah sesubur negara ini yang bisa ditanami apapun juga. bahkan tongkat kayu dan batu jadi tanaman.

      7. Negara ini punya pemandangan yang sangat eksotis dan lagi-lagi tak ada negara yang bisa menyamainya. dari puncak gunung hingga ke dasar laut bisa kita temui di negara ini.


      Negara ini sangat amat kaya sekali, tak ada bangsa atau negara lain sekaya INDONESIA! tapi apa yang terjadi?


      dialah INDONESIA!


      untuk EXXON MOBIL OIL, FREEPORT, SHELL, PETRONAS dan semua PEJABAT NEGARA yang menjual kekayaan Bangsa untuk keuntungan negara asing, diucapkan TERIMA KASIH.

      Sebuah cerita mungkin akan bisa menggambarkan indonesia saat ini silahkan disimak.



      Judulnya Ketika Tuhan Menciptakan IndonesiaSuatu hari Tuhan tersenyum puas melihat sebuah planet yang baru saja diciptakan- Nya. Malaikat pun bertanya, "Apa yang baru saja Engkau ciptakan, Tuhan?" "Lihatlah, Aku baru saja menciptakan sebuah planet biru yang bernama Bumi," kata Tuhan sambil menambahkan beberapa awan di atas daerah hutan hujan Amazon. Tuhan melanjutkan, "Ini akan menjadi planet yang luar biasa dari yang pernah Aku ciptakan. Di planet baru ini, segalanya akan terjadi secara seimbang".Lalu Tuhan menjelaskan kepada malaikat tentang Benua Eropa. Di Eropa sebelah utara, Tuhan menciptakan tanah yang penuh peluang dan menyenangkan seperti Inggris, Skotlandia dan Perancis. Tetapi di daerah itu, Tuhan juga menciptakan hawa dingin yang menusuk tulang.Di Eropa bagian selatan, Tuhan menciptakan masyarakat yang agak miskin, seperti Spanyol dan Portugal, tetapi banyak sinar matahari dan hangat serta pemandangan eksotis di Selat Gibraltar.Lalu malaikat menunjuk sebuah kepulauan sambil berseru, "Lalu daerah apakah itu Tuhan?" "O, itu," kata Tuhan, "itu Indonesia. Negara yang sangat kaya dan sangat cantik di planet bumi. Ada jutaan flora dan fauna yang telah Aku ciptakan di sana. Ada jutaan ikan segar di laut yang siap panen. Banyak sinar matahari dan hujan. Penduduknya Ku ciptakan ramah tamah,suka menolong dan berkebudayaan yang beraneka warna. Mereka pekerja keras, siap hidup sederhana dan bersahaja serta mencintai seni."Dengan terheran-heran, malaikat pun protes, "Lho, katanya tadi setiap negara akan diciptakan dengan keseimbangan. Kok Indonesia baik-baik semua. Lalu dimana letak keseimbangannya? "Tuhan pun menjawab dalam bahasa Inggris, "Wait, until you see the idiots I put in the government." (tunggu sampai Saya menaruh 'idiot2′ di pemerintahannya)

      Dan untuk rasa terima kasih untuk Kemerdekaan Indonesia yang ke 65 tahun, kami pemuda-pemudi Indonesia memberikan penghargaan sebesar-besarnya kepada pejuang yang telah mengorbankan darah dan air mata mereka untuk bangsa yang tidak tahu terima kasih ini.




      "Indonesia tanah air betadisana tempat lahir beta,dibuai dibesarkan bunda,Tempat berlindung di hari Tua...HIngga nanti menutup mata"


      HIDUPLAH INDONESIA RAYA!!


      Download Multimedia Pembelajaran

    • Minggu, 05 September 2010
    • sanjayatrade
    • Balai Teknologi Komunikasi Pendidikan (BTKP) Dinas Pendidikan Provinsi DI Yogyakarta mengembangkan materi kegiatan belajar mengajar menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Lembaga ini mengembangkan pembuatan bahan ajar SD dan SMP berbasis web. Kontennya sangat menarik. Nah, sebagian dari linknya ada di bawah ini, tinggal klik.

      Mata Pelajaran

      Matematika



      Skala Perbandingan (Kelas VI/2)

      Pancagram (Kelas V/2)

      Koordinat Titik (Kelas V/1)

      Bangunan Ruang (Kelas V/2)

      Volume Kubus (Kelas V/1)

      Mengenal Pecahan (Kelas IV/2)

      Jodoh Yang Benar Simetri Lipat (Kelas IV/2)

      Kelipatan (Bermain Tang Ting Tong) Kelas IV/I

      Mengenal Bilangan Prima (Kelas IV/1)

      Satuan Ukuran Berat (Kelas IV/1)

      Bahasa Indonesia



      Berbicara/Berpidato (Kelas VI/1)

      Berbicara/Memerankan Drama (Kelas VI/1)

      Berbicara/Mementaskan Drama (Kelas V/1)

      Bercerita (Kelas V/1)

      Menulis Laporan (Kelas V/1)

      Petunjuk Melakukan Sesuatu (Kelas IV)

      Mendengarkan Pengalaman (Kelas IV/1)

      Menulis Deskripsi (Kelas IV/1)

      Berbicara/Mengkritik (Kelas III)

      Berbicara (Kelas III)

      Ilmu Pengetahuan Alam



      Rangkaian Listrik (Kelas V/1)

      Pengungkit (Kelas V/2)

      Gaya Magnet (Kelas V/2)

      Magnet (Kelas V/1)

      Pesawat Sederhana (Kelas V/1)

      Cahaya (Kelas V/1)

      Energi Bunyi (Kelas IV/2)

      Kincir Air (Kelas IV/2)

      Energi (Kelas IV/2)

      Energi dan Perubahannya (Kelas III/2)