Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image

Modul Matematika Program Bermutu

  • Kamis, 26 Agustus 2010
  • sanjayatrade
  • (Untuk mendownload kumpulan file ebook Supplemen Modul BERMUTU Matematika SD/SMP silahkan download disini)
    Sesuai Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, serta Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 berkaitan dengan Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan, diperlukan adanya peningkatan kualifikasi akademik dan penerapan sertifikasi guru yang dibuktikan dengan ijazah dan/atau sertifikat keahlian yang relevan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku. Untuk itu salah satu terobosan yang dilakukan Pemerintah Indonesia adalah menjalin kerjasama dengan Pemerintah Belanda dan Bank Dunia menyelenggarakan program Better Education through Reformed Management and Universal Teacher Upgrading. Program tersebut digulirkan oleh Departemen Pendidikan Nasional melalui Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan bertujuan untuk mengupayakan peningkatan kualitas dan kinerja guru melalui peningkatan penguasaan materi pembelajaran dan keterampilan mengajar di kelas.
    Agar dapat mencapai tujua di atas, maka diperlukan serangkaian kegiatan akademis bagi guru dan Kelompok Kerja Guru secara terpadu dan berkesinambungan. Salah satu diantaranya adalah peningkatan kompetensi guru melalui pelaksanaan pendidikan dan pelatihan di forum KKG dan MGMP.
    Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika sebagai unit pelaksana teknis di lingkungan Ditjen PMPTK di bawah koordinasi Direktorat Pembinaan Diklat ikut terlibat dalam kegiatan Program BERMUTU, khususnya dalam memperkuat upaya peningkatan mutu guru berkelanjutan pada tingkat kabupaten dan sekolah.
    Sehubungan dengan itu, PPPPTK Matematika telah mengadakan kegiatan penyusunan modul suplemen modul program BERMUTU untuk mata pelajaran matematika SD sebanyak sembilan judul dan SMP sebanyak sebelas judul. Modul ini akan dimanfaatkan oleh para guru dalam kegiatan di KKG dan MGMP.
    Penyusunan modul melibatkan beberapa unsur yaitu PPPPTK Matematika, LPMP, LPTK, Guru SD dan Guru Matematika SMP. Proses penyusunan modul diawali dengan workshop yang menghasilkan kesepakatan tentang judul, penulis, penekanan isi (tema) modul, sistematika penulisan, garis besar isi atau muatan tiap bab, dan garis besar isi saran cara pemanfaatan tiap judul modul di KKG dan MGMP. Workshop dilanjutkan dengan rapat kerja teknis penulisan dan penilaian draft modul yang kemudian diakhiri rapat kerja teknis finalisasi modul dengan fokus editing dan layouting modul.
    Semoga duapuluh judul modul tersebut dapat bermanfaat optimal dalam memfasilitasi kegiatan para guru SD dan SMP di KKG dan MGMP, khususnya KKG dan MGMP yang mengikuti program BERMUTU sehingga dapat meningkatkan kinerja para guru dan kualitas pengelolaan pembelajaran matematika di SD dan SMP.

    Smoga bermanfaat. Salam Smart

    0 komentar:

    Posting Komentar