Rencanan Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) Tematik
Nama Sekolah : .................................
Tema : Diri Sendiri
Kelas/Semester : II / 1
Alokasi Waktu : 3 minggu
Standar Kompetensi :
1. PKn
- Membiasakan hidup bergotong royong
2. IPS
· Memahami peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis.
3. IPA
· Mengenal bagian –bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan, pertumbuhan hewan dan tumbuhan serta berbagai tempat hidup makhluk hidup.
4. Matematika
· Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500
5. Bahasa Indonesia
Mendengarkan
· Memahami teks pendek dan puisi anak yang dilisankan.
Berbicara
· Mengungkapkan pikiran, persaan, dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan bertanya, bercerita dan deklamasi.
Membaca
· Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak.
Menulis
· Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita dan dikte.
6. Seni Budaya Keterampilan
- Seni Rupa : Mengapresiasi karya seni rupa.
- Seni Tari : Mengapresiasi karya seni tari
Kompetensi Dasar :
1. PKn
- Mengenal pentingnya hidup rukun, saling berbagi dan tolong menolong.
2. IPS
- Memelihara dokumen dan koleksi benda berharga miliknya
- Memanfaatkan dokumen dan benda penting keluarga secara kronologis
3. IPA
· Mengenal bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan , di sekitar rumah dan sekolah melalui pengamatan.
- Mengidentifikasi cirri-ciri benda padat dan cair yang ada di lingkungan sekitar
4. Matematika
· Membandingkan bilangan 1 sampai 500
- Mengurutkan bilangan sampai 500
5. Bahasa Indonesia
- Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek .
- Mendeskripsikan isi puisi
· Bertanya kepada orang lain dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan santun berbahasa.
· Mendeklamasikan puisi denga ekspresi yang tepat.
· Menyimpulkan isi teks pendek ( 10 – 15 kalimat)
· Menjelaskan isi puisi anak yang dibaca.
· Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat.
· Menulis kalimat sedrhana yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung dan memperhatikan penggunaan huruf capital, tanda titik.
6. Seni Budaya Keterampilan.
- Mengenal unsure rupa pada karya seni rupa
- Menunjukkan sikap apresiatif terhadap unsure rupa pada karya seni rupa.
- Mengidentifikasi gerak alam semesta
I. Tujuan Pembelajaran****:
Siswa dapat :
- Menjelaskan arti rukun
- Menyebutkan manfaat saling berbagi dengan teman.
· Menunjukkan dokumen diri dan keluarga
· Menceritakan peristiwa yang berkesan waktu kecil tentang diri dan keluarga melalui dokumen.
· Menceritakan cara memelihara dokumen pribadi.
· Menyampaikan pendapat/ komentar tentang peristiwa yang dialami teman.
· Mengidentifikasi bagian utama tubuh hewan di sekitar rumah.
· Mengidentifikasi bagian utama tumbuhan
· Menjelaskan sifat benda padat
· Menjelaskan sifat benda cair.
· Menentukan bilangan 1 samapai 500
· Menentukan bilangan lebih besar.
· Menentukan bilangan lebih kecil.
· Membandingkan dua buah bilangan dengan menggunakan symbol <, > , =.
· Membandingkan kumpulan benda denagn menggunakan istilah lebih dari, kurang dari.
· Menyusun bilangan dari yang terkecil ke terbesar.
· Menyusun bilangan dari yang terbesar ke terkecil.
· Menulis bilangan dengan benar secara urut dari 1 – 500.
· Menyebutkan pengertian bilangan genap.
· Menyebutkan pengertian bilangan ganjil.
· Menjelaskan perbedaan bilangan genap dan ganjil.
· Mengurutkan bilangan ganjil dari 1 – 21
· Mengurutkan bilangan genap dari 2 – 20.
· Mendengarkan teks pendek yang dibacakan guru.
· Menjawab pertanyaan tentang isi teks pendek yang dibacakan guru
· Menceritakan kembali isi teks bacaan dengan bahasa sendiri.
· Menafsirkan isi puisi dengan bahasa sendiri
· Menjawab pertanyaan tentang isi puisi
· Mendeklamasikan puisi
· Menjelaskan isi puisi
· Memperagakan percakapn
· Membuat percakapan.
· Memberikan tanggapan terhadap cerita teman.
· Mendeklamasikan puisi dengan ekspresi yang tepat.
· Membaca teks dengan bersuara.
· Mengajukan pertanyaan bacaan,
· Menceritakan kembali isi bacaan.
· Membaca puisi
· menceritakan isi puisi..
· Melengkapi cerita
· Menyusun kalimat menjadi cerita
· Menyalin kalimat dengan mewnggunakan huruf bersambung.
· Menuliskan kaliamt yang didikte guru dengan menggunakan huruf sambung dan memperhatikan penggunaan huruf capital dan tanda titik.
· Menggunakan huruf capital dalam kalimat.
· Mengelompokkan berbagai jenis bidang dan bentuk ritme keseimbangan dan kesatuan.
· Mengelomplokkan berbbagai ukuran : bintik, garis, bidang warna, dan bentuk pada benda dua dan tiga dimensi di alam sekitar.
· Mengungkapkan perasaan ketertarikan pada imajinatif dan berbagai unsure rupa benda di alam sekitar.
· Memilih objek benda alam yang menarik.
· Mengungkapkan perasaan secara lisan tentang objek imajinatif yang diamati dari berbagai unsure seni rupa dan perpaduannya pada karya seni rupa.
· Memilih keindahan unsure rupa dan perpaduannya dan karya seni rupa.
· Membedakan gerak angina sepoi-sepoi dengan gerak angina rebut.
· Menunjukkan perbedaan air mengalir dengan air sedang bergelombang.
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
II. Materi Ajar ( Materi Pokok ) :
· Hidup gotong royong.
· Dokumen pribadi dan keluarga
· Manfaat dokumen.
· Bagian utama tumbuhan dan hewan
· Sifat benda
· Bilangan 1 – 500
· Mengurutkan bilangan.
· Mendengarkan teks pendek.
· Deskripsi puisi.
· Percakapan]
· Puiai
· Membaca teks pendek.
· Menjelaskan isi puisi
· Melengkapi kalimat.
· Menulis.
· Unsur rupa
· Gerak alam semesta.
III. Metoda Pembelajaran :
· Ceramah
· Diskusi.
· Tanya jawab.
· Demontrasi.
· Pemberian tugas.
IV. Langkah-langkah pembelajaran :
A. Kegiatan awal :
Apresepsi/ Motivasi :
· Mengisi daftar kelas , berdoa, mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.
· Memperingatkan cara duduk yang baik ketika menulis, membaca.
· Mengumpulkan tugas/ PR
B. Kegiatan inti :
Minggu ke 1
Pertemuan pertama : 3 x 35 menit ( Matematika, B. Indonesia )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mengamati bilangan yang ditulis di papan tulis dari bilangan 1 sampai 500.
F Siswa membaca bilangan dengan tepat.
F Menyimak teks pendek yang dibacakan guru.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melalui pemberian tugas siswa dapat menentukan anatara bilangan lebih besar dan lebih kecil.
F Melakukan tanya jawab tentang isi teks pendek yang dibacakan guru.
F Menceritakan kembali isi teks pendek dengan bahasa sendiri.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke dua 3 x 35 menit ( Matematika, Bahasa Indonesia, IPS)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat mendeskripsikan isi puisi dengan menafsirkannya menggunakan bahasa sendiri
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Membandingkan dua buah bilangan dengan menggunakan simbul <, >, =
F Siswa dapat membandingkan dua buah bilangan dengan menggunakan istilah lebih dari dan kurang dari.
F Siswa dapat menjawab pertanyaan tentang isi puisi yang telah dibacakan.
F Melalui Tanya jawab siswa dapat menjelaskan tentang dokumen pribadi.
F Menyebutkan jenis – jenis dokumen pribadi dan keluarga.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Peretemuan ke tiga 3 x 35 menit ( Matematika, , B Indonesia )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa mendeklamasikan puisi dengan lafal dan intonasi yang tepat.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa dapat membandingkan dua kumpulan benda dengan menggunakan istilah lebih dari dan kurang dari.
F Menyusun bilangan dari yang terkecil ke terbesar dengan teliti.
F Siswa dapat menbaca kalimat percakapan dan melakukan percakapan di depan teman lainnya.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke empat 3 x 35 menit. ( B. Indonesia,IPA, PKn )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Dengan penuh percaya diri siswa dapat membuat kalimat percakapan bersama-sama.
F Dengan penjelasan guru siswa dapat memberikan tanggapan terhadap cerita teman.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melalui pengamatan dan percobaan sederhana siswa dapat mengidentifikasi tumbuhan.
F Melalui diskusi dan tanya jawab siswa dapat menjelaskan arti rukun.
F Siswa dapat memahami cara hidup bergotong royong.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke lima 3 x 35 menit ( B.Indonesia, IPS, Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa mendeklamasikan puisi dengan ekspresi yang wajar dengan gerakan tubuh dan mimik yang tepart.
F Siswa membaca teks pendek dengan susra yang nyaring ( terdengar oleh orang lain)
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
Siswa melakukan tanya jawab tentang teks yang telah dibaca.
Melalui penugasan siswa menunjukkan dokumen diri dan keluarga.
F Siswa dapat memperlihatkan contoh akte kelahiran dan kartu keluarga.
F Melalui penugasan dari guru siswa dapat menulis bilangan dengan tepat.
F Siswa menulis bilangan secara urut dari 1 – 500.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke enam 3 x 35 menit (Seni Budaya dan Keterampilan, B.
Indonesia, IPS )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Secara individual siswa membaca bilangan 1-500
F Melalui pengamatan pada model dan percobaan sedrhana siswa dapat menyebutkan bagian utama hewan.
F Siswa menjelaskan mengenai unsur seni rupa .
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa menyebutkan bilangan dari 1 – 500 secara urut secara klasikal.
F Melalui penjelasan guru, siswa dapat mengelompokkan jenis bidang dan bentuk.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Minggu ke 2
Pertemuan pertama 3 x 35 menit (Matematika, B. Indonesia )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Dengan penjelasan guru siswa dapat menyebutkan pengertian bilangan genap.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa dapat mengelompokkan bilangan yang termasuk bilangan genap.
F Siswa dapat menyusun percakapan dan memberikan tanggapan terhadap cerita teman.
F Siswa dapat menceritakan kembali isi bacaan.
F Membaca puisi dan menceritakan isi puisi secara individual.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke dua 3 x 35 menit (Matematika, B. Indonesia, IPS )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru menjelaskan tentang pengertian bilangan ganjil.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa dapat menyebutkan b10 bilngan ganjil dengan benar.
F Siswa dapat mengajukan pertanyaan dari bacaan teks yang telah dibacakan
F Siswa disuruh membacakan teks pendek secara kelompok.
F Secara individual siswa menceritakan pengalaman / peristiwa yang berkesan pada waktu kecil.
F Siswa menuliskan riwayat keluarganya.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke tiga a 3 x 35 menit (Matematika, B. Indonesia )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa meniru/ menyebutkan kembali bilangan ganjil dari 21 – 41.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa menyebutkan bilangan ganjil dari 11 – 21.
F Siswa menceritakan kembali isi teks yang telah dijelaskan sesuai dengan kemampuannya.
F Siswa dengan lancar menceritakan isi bacaan dengan benar dan jelas.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke empat 3 x 35 menit (B. Indonesia, PKn, IPA )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru menjelaskan bagian –bagian dari tumbuhan secara keseluruhan .
F Menjelaskan cerita yang didenagr dari guru/ orang lain.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa menyimpulkan isi teks pendek dari 10 – 15 kaliamt
F Siswa dapat menyebutkan beberapa contoh hidup rukun.
F Siswa dapat menyebutkan bagian utama dari tumbuhan yang ada di lingkungan rumah.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke lima 3 x 35 menit (B. Indonesia, IPS, Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru menjelaskan cara memelihara dokumen pribadi
F Guru menjelaskan perbedaan bilangan genap dan bilangan ganjil.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa dapat menyusun kalimat menjadi sebuah cerita yang baik.
F Siswa melengkapi sebuah cerita yang belum sempurna.
F Siswa membawa dokumen berupa foto-foto kegiatan masing-masing.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke enam 3 x 35 menit (Matematika, Seni Budaya dan Keterampilan,IPA )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Secara klasikal siswa menyebutkan bilangan genap
F Siswa individual siswa menyebutkan bilangan genap.
F Siswa menyebutkan ciri-ciri benda padat dengan jelas.
F Siswa menjelaskan sifat benda padat dari hasil yang telah dijelaskan oleh guru.
F Siswa menjelaskan bentuk ritme dengan keseimbangan kesatuannya.
F Siswa dapat mengelompokkan berbagai ukuran yang telah ditentukan baik bintik, garis maupun bidang warna.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Minggu ke 3
Pertemuan pertama 3 x 35 menit (Matematika, B. Indonesia )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa mampu menyebutkan bilangan ganjil dari 1 – 49.
F Siswa secara klasikal menyebutkan bilangan ganjil dari 1 – 49
F Siswa menuliskan kalimat sederhana dengan mengguankan huruf sambung.
F Siswa menuliskan kalimat yang didiktekan oleh guru.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke dua 3 x 35 menit (Matematika, B. Indonesia, IPS ).
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui penguasaannya siswa mampu mengulang bilangan 1 – 500 dengan diucapkan.
F Denagn penulisan secara berulang siswa dapat menuliskan bilangan ganjil dengan berurut dari terkecil ke terbesar dan sebaliknya.
F Menulis kalimat dengan mengguanakn huruf sambung
F Menyimak dan menuliskan kalimat dikte dengan memperhatikan huruf besar dan tanda baca.
F Dengan pendapatnya masing-masing siswa memberi komentar
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke tiga 3 x 35 menit (Matematika, B. Indonesia )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa menyebutkan bilangan ganjil dari 11 – 21.
F Siswa meniru/ menyebutkan kembali bilangan ganjil dari 21 – 41.
F Siswa menceritakan kembali isi teks yang telah dijelaskan sesuai dengan kemampuannya.
F Siswa dengan lancar menceritakan isi bacaan dengan benar dan jelas.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke empat 3 x 35 menit (Matematika, B. Indonesia )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menuliskan kalimat denga menggunakan huruf kapital yang benar.
F Guru mendiktekan kalimat dengan menggunkan huruf kapital yang benar.
F Guru menceritakan pengalaman saling berbagi dengan teman.
F Siswa dapat menyebutkan manfaat saling berbagi dengan teman.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke lima 3 x 35 menit (Matematika, B. Indonesia, IPS )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Dengan kecepatannya siswa mampu menyebutkan bilangan ganjil.
F Siswa dengan cepat menyebutkan bilangan genap.
F Dengan penjelasan guru siswa dapat mempergunakan hurif kapital pada kalimat dengan benar.
F Dengan pendapat yang disampaikannya siswa berani berkomentar tentang peristiwa yang dialami oleh temannya.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke enam 3 x 35 menit (Matematika, IPA, SBK )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Dari perlombaan antar kelompok siswa menunjukkan keberaniannya untuk menjawab pertanyaan yang disampaikan oleh guru tentang bilangan ganjil dan bilangan genap.
F Siswa membedakan antara benda padat dengan benda cair.
F Melalui pengamatan dan pengalaman siswa menyebutkan sifat benda cair dan padat.
F Dengan kekreatifannya siswa dapat menunjukkan sikap terhadap benda alam di sekitar.
F Melalui gerakan siswa membedakan gerakan angin sepoi-sepoi dengan angin ribut.
F Siswa meeragakan gerakan tari yang menyerupai aliran air
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
C. Kegiatan akhir
Dalam kegiatan akhir, guru:
F Membuat kesimpulan dari tiap materi yang disampaikan.
F Mengerjakan post tes
F Pemberian PR / tugas
V. Alat dan Sumber Belajar
- Buku Sumber :
F Buku Pengetahuan sosial 2 SD kelas 1, Penerbit Buku relevan
F Buku Sains SD Kelas 2, Penerbit Buku relevan
F Buku Pendidikan Kewarganegaraan kelas 2 SD , Penerbit Buku relevanPratama
F Buku Pelajaran Matematika SD Kelas 2, Penerbit Buku relevan.
F Buku Bina Bahasa Idonesia dan Sastra SD Kelas 2, Penerbit Buku relevan
F Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif D kelas 2, Penerbit Buku relevan.
F Buku Piwulang Basa SD Kelas 2, Penerbit Geugeur Sunten.
· Alat Peraga :
F Kartu bilangan
F Contoh benda cair, benda padat.
F Gambar tanaman dan binatang.
F Lembar puisi.
F Contoh akte , kartu keluarga, KTP, Foto-foto keluarga.
VI. Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | |
1. PKn :
2. IPS : · Menunjukkan dokumen diri dan keluarga · Menceritakan peristiwa yang berkesan waktu kecil tentang diri dan keluarga melalui dokumen. · Menceritakan cara memelihara dokumen pribadi. · Menyampaikan pendapat/ komentar tentang peristiwa yang dialami teman. 3. IPA : · Mengidentifikasi bagian utama tubuh hewan di sekitar rumah. · Mengidentifikasi bagian utama tumbuhan · Menjelaskan sifat benda padat · Menjelaskan sifat benda cair. 4. Matematika : · Menentukan bilangan 1 samapai 500 · Menentukan bilangan lebih besar. · Menentukan bilangan lebih kecil. · Membandingkan dua buah bilangan dengan menggunakan symbol <, > , =. · Membandingkan kumpulan benda denagn menggunakan istilah lebih dari, kurang dari. · Menyusun bilangan dari yang terkecil ke terbesar. · Menyusun bilangan dari yang terbesar ke terkecil. · Menulis bilangan dengan benar secara urut dari 1 – 500. · Menyebutkan pengertian bilangan genap. · Menyebutkan pengertian bilangan ganjil. · Menjelaskan perbedaan bilangan genap dan ganjil. · Mengurutkan bilangan ganjil dari 1 – 21 · Mengurutkan bilangan genap dari 2 – 20. 5. Bahasa Indonesia : · Mendengarkan teks pendek yang dibacakan guru. · Menjawab pertanyaan tentang isi teks pendek yang dibacakan guru · Menceritakan kembali isi teks bacaan dengan bahasa sendiri. · Menafsirkan isi puisi dengan bahasa sendiri · Menjawab pertanyaan tentang isi puisi · Mendeklamasikan puisi · Menjelaskan isi puisi · Memperagakan percakapn · Membuat percakapan. · Memberikan tanggapan terhadap cerita teman. · Mendeklamasikan puisi dengan ekspresi yang tepat. · Membaca teks dengan bersuara. · Mengajukan pertanyaan bacaan, · Menceritakan kembali isi bacaan. · Membaca puisi · menceritakan isi puisi.. · Melengkapi cerita · Menyusun kalimat menjadi cerita · Menyalin kalimat dengan mewnggunakan huruf bersambung. · Menuliskan kaliamt yang didikte guru dengan menggunakan huruf sambung dan memperhatikan penggunaan huruf capital dan tanda titik. · Menggunakan huruf capital dalam kalimat. 6 Seni Budaya dan Keterampilan : · Mengelompokkan berbagai jenis bidang dan bentuk ritme keseimbangan dan kesatuan. · Mengelomplokkan berbbagai ukuran : bintik, garis, bidang warna, dan bentuk pada benda dua dan tiga dimensi di alam sekitar. · Mengungkapkan perasaan ketertarikan pada imajinatif dan berbagai unsure rupa benda di alam sekitar. · Memilih objek benda alam yang menarik. · Mengungkapkan perasaan secara lisan tentang objek imajinatif yang diamati dari berbagai unsure seni rupa dan perpaduannya pada karya seni rupa. · Memilih keindahan unsure rupa dan perpaduannya dan karya seni rupa. · Membedakan gerak angina sepoi-sepoi dengan gerak angina rebut. · Menunjukkan perbedaan air mengalir dengan air sedang bergelombang. | Tes lisan Tes tertulis | uraian isian | 2. PKn :
2. IPS : · Tunjukkan dokumen diri dan keluarga · Ceritakan peristiwa yang berkesan waktu kecil tentang diri dan keluarga melalui dokumen. · Ceritakan cara memelihara dokumen pribadi. · Sampaikan pendapat/ komentar tentang peristiwa yang dialami teman. 3. IPA : · Jelaskanlah bagian utama tubuh hewan di sekitar rumah. · Mengidentifikasi bagian utama tumbuhan · Jelaskanlah sifat benda padat · Jelaskanlah sifat benda cair. 4. Matematika : · Tentukan bilangan 1 samapai 500 · Tentukan bilangan lebih besar. · Tentukan bilangan lebih kecil. · Bandingkan dua buah bilangan dengan menggunakan symbol <, > , =. · Bandingkan kumpulan benda denagn menggunakan istilah lebih dari, kurang dari. · Susunkanlah bilangan dari yang terkecil ke terbesar. · Susunkanlah bilangan dari yang terbesar ke terkecil. · Tuliskanlah bilangan dengan benar secara urut dari 1 – 500. · Sebutkan pengertian bilangan genap. · Sebutkan pengertian bilangan ganjil. · Menjelaskan perbedaan bilangan genap dan ganjil. · Kurutkanlah bilangan ganjil dari 1 – 21 · Kurutkanlah bilangan genap dari 2 – 20. 5. Bahasa Indonesia : · Dengarkan teks pendek yang dibacakan guru. · Jawabkanlah pertanyaan tentang isi teks pendek yang dibacakan guru · Ceritakan kembali isi teks bacaan dengan bahasa sendiri. · Nafsirkan isi puisi dengan bahasa sendiri · Jawabkanlah pertanyaan tentang isi puisi · Jelaskanlah puisi · Jelaskanlah isi puisi · Peragakan percakapn · Buatkanlah percakapan. · Berikanlah tanggapan terhadap cerita teman. · Jelaskanlah puisi dengan ekspresi yang tepat. · Bacakanlah teks dengan bersuara. · Ceritakan kembali isi bacaan. · Membaca puisi dengan benar ? · Ceritakan isi puisi.. · Melengkapi cerita · Susunkanlah kalimat menjadi cerita · Salinkanlah kalimat dengan mewnggunakan huruf bersambung. · Tuliskanlah kaliamt yang didikte guru dengan menggunakan huruf sambung dan memperhatikan penggunaan huruf capital dan tanda titik. · Gunakan huruf capital dalam kalimat. 6 Seni Budaya dan Keterampilan : · Kelompokkan berbagai jenis bidang dan bentuk ritme keseimbangan dan kesatuan. · Kelomplokkan berbbagai ukuran : bintik, garis, bidang warna, dan bentuk pada benda dua dan tiga dimensi di alam sekitar. · Gungkapkan perasaan ketertarikan pada imajinatif dan berbagai unsure rupa benda di alam sekitar. · Pilihkanlah objek benda alam yang menarik. · gungkapkan perasaan secara lisan tentang objek imajinatif yang diamati dari berbagai unsure seni rupa dan perpaduannya pada karya seni rupa. · Pilihkanlah keindahan unsure rupa dan perpaduannya dan karya seni rupa. · Bedakanlah gerak angina sepoi-sepoi dengan gerak angina rebut. · Tunjukkan perbedaan air mengalir dengan air sedang bergelombang. · LKS · Lmbar observasi. |
Lembar Kerja Siswa IPA
Kelompok : .......................
Anggota :
- ................................
- ...............................
- ...............................
- ...............................
- ...............................
Ayo tulis 10 macam peralatan yang menggunakan tenaga listrik dan peralatan yang tidak menggunakan listrik.
No | Peatalatan menggunakan listrik | Peralatan tidak menggunakan listrik |
1 | ||
2 | ||
3 | ||
4 | ||
5 | ||
6 | ||
7 | ||
8 | ||
9 | ||
10 |
Matahari dapat mengeringkan benda,
Berilah tanda R untuk benda yang dapat kering oleh matahari !
Nama Benda | R |
Pakaian | |
Celana | |
Handuk | |
TV | |
Kasur | |
Topi | |
Lemari es | |
Komputer | |
Tas |
A. Kriteria Penilaian
1. Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
2. Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. | Kerjasama Partisipasi | * bekerjasama * kadang-kadang kerjasama * tidak bekerjasama * aktif berpartisipasi * kadang-kadang aktif * tidak aktif | 4 2 1 4 2 1 |
3. Lembar Penilaian
No | Nama Siswa | Performan | Produk | Jumlah Skor | Nilai | |
Kerjasama | Partisipasi | |||||
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7.. |
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
Mengetahui Kepala Sekolah SD/MI ……. ( ………………..………… ) NIP/NIK : ………………… | ……...., ………………… 20… Guru Tematik Kelas II ( …………………...……… ) NIP/NIK : ………………… |
0 komentar:
Posting Komentar