PENILAIAN
A. Pengertian
Penilaian dalam pembelajaran tematik adalah suatu usaha untuk mendapatkan berbagai
informasi secara berkala, berkesinambungan, dan menyeluruh tentang proses dan hasil dari
pertumbuhan dan perkembangan yang telah dicapai oleh anak didik melalui program
kegiatan belajar.
B. Tujuan
Tujuan Penilaian pembelajaran tematik adalah:
1. Mengetahui percapaian indikator yang telah ditetapkan
2. Memperoleh umpan balik bagi guru, untuk pengetahui hambatan yang terjadi dalam pembelajaran maupun efektivitas pembelajaran
3. Memperoleh gambaran yang jelas tentang perkembangan pengetahuan, keterampilan dan sikap siswa
4. Sebagai acuan dalam menentukan rencana tindak lanjut (remedial, pengayaan, dan pemantapan).
C. Prinsip
1. Penilaian di kelas I dan II mengikuti aturan penilaian mata-mata pelajaran lain di sekolah dasar. Mengingat bahwa siswa kelas I SD belum semuanya lancar membaca dan menulis, maka cara penilaian di kelas I tidak ditekankan pada penilaian secara tertulis.
2. Kemampuan membaca, menulis dan berhitung merupakan kemampuan yang harus dikuasai oleh peserta didik kelas I dan II. Oleh karena itu, penguasaan terhadap ke tiga kemampuan tersebut adalah prasyarat untuk kenaikan kelas.
3. Penilaian dilakukan dengan mengacu pada indikator dari masing-masing Kompetensi Dasar dan Hasil Belajar dari mata-mata pelajaran.
4. Penilaian dilakukan secara terus menerus dan selama proses belajar mengajar berlangsung, misalnya sewaktu siswa bercerita pada kegiatan awal, membaca pada kegiatan inti dan menyanyi pada kegiatan akhir.
5. Hasil karya/kerja siswa dapat digunakan sebagai bahan masukan guru dalam mengambil keputusan siswa misalnya: Penggunaan tanda baca, ejaan kata, maupun angka.
D. Alat Penilaian
Alat penilaian dapat berupa Tes dan Non Tes. Tes mencakup: tertulis, lisan, atau perbuatan,
catatan harian perkembangan siswa, dan porto folio. Dalam kegiatan pembelajaran di kelas
awal penilaian yang lebih banyak digunakan adalah melalui pemberian tugas dan portofolio.
Guru menilai anak melalui pengamatan yang lalu dicatat pada sebuiah buku bantu.
Sedangkan Tes tertulis digunakan untuk menilai kemampuan menulis siswa, khususnya
untuk mengetahui tentang penggunaan tanda baca, Jean, kata atau angka
Berikut adalah contoh penilaian yang dapat dilakukan guru:
A. Kewarganegaraan dan Pengetahuan Sosial : Tes Lisan
Menyebutkan peristiwa/kegiatan yang dialami
Mengemukakan peristiwa/kegiatan yang berkesan
Mengekspresikan perasaan waktu memberi kesan.
B. Bahasa Indonesia : Perbuatan
• Kelancaran membaca
• Melafalkan kata
• Melagukan/intonasi
• Cara bertanya jawab
Tugas
• Melengkapi kalimat
C. Ilmu Pengetahuan Alam : Perbuatan
• Mendemonstrasikan cara menggosok gigi
: Lisan
• Menyebutkan cara memelihara gigi
• Menjelaskan manfaat menggosok gigi
E. Aspek Penilaian
Pada pembelajaran tematik penilaian dilakukan untuk mengkaji ketercapaian Kompetensi
Dasar dan Indikator pada tiap-tiap mata pelajaran yang terdapat pada tema tersebut.
Dengan demikian penilaian dalam hal ini tidak lagi terpadu melalui tema, melainkan sudah
terpisah-pisah sesuai dengan Kompetensi Dasar, Hasil Belajar dan Indikator mata
pelajaran.
Nilai akhir pada laporan (raport) dikembalikan pada kompetensi mata pelajaran yang
terdapat pada kelas satu dan dua Sekolah Dasar, yaitu: Bahasa Indonesia, Matematika,
Ilmu Pengetahuan Alam, Pendidikan Kewarganegaraan dan Ilmu Pengetahuan Sosial, Seni
Budaya dan Keterampilan, dan Pendidikan Jasmani, Olahraga dan kesehatan.
PENUTUP
Pedoman ini merupakan acuan minimal, sehingga sekolah dan guru dapat mengembangan
sendiri sesuai dengan kondisi masing-masing.
PENILAIAN PEMBELAJARAN TEMATIK
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
About Me
- sanjayatrade
Labels
- Artikel (3)
- Bahan Ajar (29)
- Bank Soal dan Tryout (1)
- Berita Pendidikan (29)
- Berita/NEWS (8)
- BSE (7)
- CD Interaktive (8)
- Cerita Fiksi (6)
- Daftar Harga BSE (15)
- Download Free (8)
- eLearning (19)
- Info Diknas (19)
- IPTEK (5)
- Kajian Islam (7)
- Kurikulum 2013 (1)
- LPMP (4)
- Metode Pembelajaran (21)
- Model Interaksi Edukatif (11)
- Multimedia (17)
- NUPTK (1)
- Perangkat Pembelajaran (32)
- PLPG (6)
- Promo (2)
- PTK (10)
- Rahasian Kaya (1)
- Rencana Menjadi Kaya (1)
- sertifikasi guru (8)
- Silabus dan RPP (33)
- Software (6)
- Software Sekolah (5)
- Tips (3)
- Tips Pendidikan (3)
- Tori Belajar (1)
- Tutorial (6)
- Tutorial Blogspot (2)
- UKG (8)
- Video (7)
- Web Design (5)
Followers
Diberdayakan oleh Blogger.
uma hist�ria para contar.
-
▼
2011
(207)
-
▼
Januari
(48)
- Rumus Fisika
- CD Silabus RPP SK KD KKM & PROMES SD
- Faktor yang mempengaruhi belajar anak
- KKM Tematik
- PROMES TEMATIK
- Prota Tematik
- Silabus Tematik
- RPP Tematik
- Pemetaan SK dan KD Tematik
- Jaringan Tematik
- SK & KD Tematik
- RPP Eksplorasi, Elaborasi, dan Konfirmasi SD
- PANDUAN PENGEMBANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJ...
- Software Cangih untuk alih bahasa
- Cara Download Google Book
- Membaca Buku Online
- Buku Tentang Blog
- Buku Tutorial Design Catia
- Buku Pemrograman
- Buku Pembuatan Web
- Buku Tutorial Photo Shop
- Buku Tutorial Flash
- Buku Pemrograman Visual Basic
- Buku Pemrograman Delphi
- Buku Panduan Perikanan
- Buku Panduan Perternakan
- Buku Panduan Usaha Pertanian
- Buku Panduan Usaha
- PERANGKAT PEMBELAJARAN SD KELAS 6
- PERANGKAT PEMBELAJARAN SD KELAS 5
- PERANGKAT PEMBELAJARAN SD KELAS 4
- PERANGKAT PEMBELAJARAN SD KELAS 3
- PERANGKAT PEMBELAJARAN SD KELAS 2
- PERANGKAT PEMBELAJARAN SD KELAS 1
- PENILAIAN PEMBELAJARAN TEMATIK
- TAHAP PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK
- TAHAP PERSIAPAN PELAKSANAAN Pembelajaran Tematik
- Karakteristik Perkembangan anak usia kelas awal SD
- Latar Belakang Pembelajaran Tematik
- Model pembinaan CLK Guru SD
- Bank Soal SD IPA
- Bank Soal UAN SMP
- Bank Soal UAN SMA
- IPS TERPADU
- Telephon Gratis
- Trik Proteksi Software
- Flipbook Printer
- Ncesoft Maker Flip Book
-
▼
Januari
(48)
vaguearam por aqui
Arsip Blog
-
▼
2011
(207)
-
▼
Januari
(48)
- Rumus Fisika
- CD Silabus RPP SK KD KKM & PROMES SD
- Faktor yang mempengaruhi belajar anak
- KKM Tematik
- PROMES TEMATIK
- Prota Tematik
- Silabus Tematik
- RPP Tematik
- Pemetaan SK dan KD Tematik
- Jaringan Tematik
- SK & KD Tematik
- RPP Eksplorasi, Elaborasi, dan Konfirmasi SD
- PANDUAN PENGEMBANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJ...
- Software Cangih untuk alih bahasa
- Cara Download Google Book
- Membaca Buku Online
- Buku Tentang Blog
- Buku Tutorial Design Catia
- Buku Pemrograman
- Buku Pembuatan Web
- Buku Tutorial Photo Shop
- Buku Tutorial Flash
- Buku Pemrograman Visual Basic
- Buku Pemrograman Delphi
- Buku Panduan Perikanan
- Buku Panduan Perternakan
- Buku Panduan Usaha Pertanian
- Buku Panduan Usaha
- PERANGKAT PEMBELAJARAN SD KELAS 6
- PERANGKAT PEMBELAJARAN SD KELAS 5
- PERANGKAT PEMBELAJARAN SD KELAS 4
- PERANGKAT PEMBELAJARAN SD KELAS 3
- PERANGKAT PEMBELAJARAN SD KELAS 2
- PERANGKAT PEMBELAJARAN SD KELAS 1
- PENILAIAN PEMBELAJARAN TEMATIK
- TAHAP PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK
- TAHAP PERSIAPAN PELAKSANAAN Pembelajaran Tematik
- Karakteristik Perkembangan anak usia kelas awal SD
- Latar Belakang Pembelajaran Tematik
- Model pembinaan CLK Guru SD
- Bank Soal SD IPA
- Bank Soal UAN SMP
- Bank Soal UAN SMA
- IPS TERPADU
- Telephon Gratis
- Trik Proteksi Software
- Flipbook Printer
- Ncesoft Maker Flip Book
-
▼
Januari
(48)
0 komentar:
Posting Komentar