Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image

TAHAP PERSIAPAN PELAKSANAAN Pembelajaran Tematik

  • Rabu, 26 Januari 2011
  • sanjayatrade
  • Dalam pelaksanaan pembelajaran tematik, perlu dilakukan beberapa hal yang meliputi tahap
    perencanaan yang mencakup kegiatan pemetaan kompetensi dasar, pengembangan
    jaringan tema, pengembangan silabus dan penyusunan rencana pelaksanaan
    pembelajaran.

    A. Pemetaan Kompetensi Dasar
    Kegiatan pemetaan ini dilakukan untuk memperoleh gambaran secara menyeluruh dan
    utuh semua standar kompetensi, kompetensi dasar dan indikator dari berbagai mata
    pelajaran yang dipadukan dalam tema yang dipilih. Kegiatan yang dilakukan adalah:

    1. Penjabaran Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar ke dalam indikator
    Melakukan kegiatan penjabaran standar kompetensi dan kompetensi dasar dari
    setiap mata pelajaran ke dalam indikator. Dalam mengembangkan indikator perlu
    memperhatikan hal-hal sebagai berikut:
    • Indikator dikembangkan sesuai dengan karakteristik peserta didik
    • Indikator dikembangkan sesuai dengan karakteristik mata pelajaran
    • Dirumuskan dalam kata kerja oprasional yang terukur dan/atau dapat diamati

    2. Menentukan tema
    a. cara penentuan tema
    Dalam menentukan tema dapat dilakukan dengan dua cara yakni:

    Cara pertama, mempelajari standar kompetensi dan kompetensi dasar yang
    terdapat dalam masing-masing mata pelajaran, dilanjutkan dengan menentukan
    tema yang sesuai.

    Cara kedua, menetapkan terlebih dahulu tema-tema pengikat keterpaduan,
    untuk menentukan tema tersebut, guru dapat bekerjasama dengan peserta didik
    sehingga sesuai dengan minat dan kebutuhan anak.

    b. Prinsip Penentuan tema
    Dalam menetapkan tema perlu memperhatikan beberapa prinsip yaitu:
    • Memperhatikan lingkungan yang terdekat dengan siswa:
    • Dari yang termudah menuju yang sulit
    • Dari yang sederhana menuju yang kompleks
    • Dari yang konkret menuju ke yang abstrak.
    • Tema yang dipilih harus memungkinkan terjadinya proses berpikir pada diri siswa
    • Ruang lingkup tema disesuaikan dengan usia dan perkembangan siswa,termasuk minat, kebutuhan, dan kemampuannya

    3. Identifikasi dan analisis Standar Kompetensi, Kompetensi dasar dan Indikator
    Lakukan identifikasi dan analisis untuk setiap Standar Kompetensi, Kompetensi
    Dasar dan indikator yang cocok untuk setiap tema sehingga semua standar
    kompetensi, kompetensi dasar dan indikator terbagi habis.
    B. Menetapkan Jaringan Tema
    Buatlah jaringan tema yaitu menghubungkan kompetensi dasar dan indikator dengan
    tema pemersatu. Dengan jaringan tema tersebut akan terlihat kaitan antara tema,
    kompetensi dasar dan indikator dari setiap mata pelajaran. Jaringan tema ini dapat
    dikembangkan sesuai dengan alokasi waktu setiap tema.

    C. Penyusunan Silabus
    Hasil seluruh proses yang telah dilakukan pada tahap-tahap sebelumnya dijadikan dasar
    dalam penyusunan silabus. Komponen silabus terdiri dari standar kompetensi,
    kompetensi dasar, indikator, pengalaman belajar, alat/sumber, dan penilaian.

    D. Penyusunan Rencana Pembelajaran
    Untuk keperluan pelaksanaan pembelajaran guru perlu menyusun rencana pelaksanaan
    pembelajaran. Rencana pembelajaran ini merupakan realisasi dari pengalaman belajar
    siswa yang telah ditetapkan dalam silabus pembelajaran. Komponen rencana
    pembelajaran tematik meliputi:
    1. Identitas mata pelajaran (nama mata pelajaran yang akan dipadukan, kelas,semester, dan waktu/banyaknya jam pertemuan yang dialokasikan).
    2. Kompetensi dasar dan indikator yang akan dilaksanakan.
    3. Materi pokok beserta uraiannya yang perlu dipelajari siswa dalam rangka mencapai kompetensi dasar dan indikator.
    4. Strategi pembelajaran (kegiatan pembelajaran secara konkret yang harus dilakukan siswa dalam berinteraksi dengan materi pembelajaran dan sumber belajar untuk menguasai kompetensi dasar dan indikator, kegiatan ini tertuang dalam kegiatan pembukaan, inti dan penutup).
    5. Alat dan media yang digunakan untuk memperlancar pencapaian kompetensi dasar,serta sumber bahan yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran tematik sesuai dengan kompetensi dasar yang harus dikuasai.
    6. Penilaian dan tindak lanjut (prosedur dan instrumen yang akan digunakan untuk menilai pencapaian belajar peserta didik serta tindak lanjut hasil penilaian).

    0 komentar:

    Posting Komentar