Dalam pelaksanaan pembelajaran tematik, perlu dilakukan beberapa hal yang meliputi tahap
perencanaan yang mencakup kegiatan pemetaan kompetensi dasar, pengembangan
jaringan tema, pengembangan silabus dan penyusunan rencana pelaksanaan
pembelajaran.
A. Pemetaan Kompetensi Dasar
Kegiatan pemetaan ini dilakukan untuk memperoleh gambaran secara menyeluruh dan
utuh semua standar kompetensi, kompetensi dasar dan indikator dari berbagai mata
pelajaran yang dipadukan dalam tema yang dipilih. Kegiatan yang dilakukan adalah:
1. Penjabaran Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar ke dalam indikator
Melakukan kegiatan penjabaran standar kompetensi dan kompetensi dasar dari
setiap mata pelajaran ke dalam indikator. Dalam mengembangkan indikator perlu
memperhatikan hal-hal sebagai berikut:
• Indikator dikembangkan sesuai dengan karakteristik peserta didik
• Indikator dikembangkan sesuai dengan karakteristik mata pelajaran
• Dirumuskan dalam kata kerja oprasional yang terukur dan/atau dapat diamati
2. Menentukan tema
a. cara penentuan tema
Dalam menentukan tema dapat dilakukan dengan dua cara yakni:
Cara pertama, mempelajari standar kompetensi dan kompetensi dasar yang
terdapat dalam masing-masing mata pelajaran, dilanjutkan dengan menentukan
tema yang sesuai.
Cara kedua, menetapkan terlebih dahulu tema-tema pengikat keterpaduan,
untuk menentukan tema tersebut, guru dapat bekerjasama dengan peserta didik
sehingga sesuai dengan minat dan kebutuhan anak.
b. Prinsip Penentuan tema
Dalam menetapkan tema perlu memperhatikan beberapa prinsip yaitu:
• Memperhatikan lingkungan yang terdekat dengan siswa:
• Dari yang termudah menuju yang sulit
• Dari yang sederhana menuju yang kompleks
• Dari yang konkret menuju ke yang abstrak.
• Tema yang dipilih harus memungkinkan terjadinya proses berpikir pada diri siswa
• Ruang lingkup tema disesuaikan dengan usia dan perkembangan siswa,termasuk minat, kebutuhan, dan kemampuannya
3. Identifikasi dan analisis Standar Kompetensi, Kompetensi dasar dan Indikator
Lakukan identifikasi dan analisis untuk setiap Standar Kompetensi, Kompetensi
Dasar dan indikator yang cocok untuk setiap tema sehingga semua standar
kompetensi, kompetensi dasar dan indikator terbagi habis.
B. Menetapkan Jaringan Tema
Buatlah jaringan tema yaitu menghubungkan kompetensi dasar dan indikator dengan
tema pemersatu. Dengan jaringan tema tersebut akan terlihat kaitan antara tema,
kompetensi dasar dan indikator dari setiap mata pelajaran. Jaringan tema ini dapat
dikembangkan sesuai dengan alokasi waktu setiap tema.
C. Penyusunan Silabus
Hasil seluruh proses yang telah dilakukan pada tahap-tahap sebelumnya dijadikan dasar
dalam penyusunan silabus. Komponen silabus terdiri dari standar kompetensi,
kompetensi dasar, indikator, pengalaman belajar, alat/sumber, dan penilaian.
D. Penyusunan Rencana Pembelajaran
Untuk keperluan pelaksanaan pembelajaran guru perlu menyusun rencana pelaksanaan
pembelajaran. Rencana pembelajaran ini merupakan realisasi dari pengalaman belajar
siswa yang telah ditetapkan dalam silabus pembelajaran. Komponen rencana
pembelajaran tematik meliputi:
1. Identitas mata pelajaran (nama mata pelajaran yang akan dipadukan, kelas,semester, dan waktu/banyaknya jam pertemuan yang dialokasikan).
2. Kompetensi dasar dan indikator yang akan dilaksanakan.
3. Materi pokok beserta uraiannya yang perlu dipelajari siswa dalam rangka mencapai kompetensi dasar dan indikator.
4. Strategi pembelajaran (kegiatan pembelajaran secara konkret yang harus dilakukan siswa dalam berinteraksi dengan materi pembelajaran dan sumber belajar untuk menguasai kompetensi dasar dan indikator, kegiatan ini tertuang dalam kegiatan pembukaan, inti dan penutup).
5. Alat dan media yang digunakan untuk memperlancar pencapaian kompetensi dasar,serta sumber bahan yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran tematik sesuai dengan kompetensi dasar yang harus dikuasai.
6. Penilaian dan tindak lanjut (prosedur dan instrumen yang akan digunakan untuk menilai pencapaian belajar peserta didik serta tindak lanjut hasil penilaian).
TAHAP PERSIAPAN PELAKSANAAN Pembelajaran Tematik
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
About Me
- sanjayatrade
Labels
- Artikel (3)
- Bahan Ajar (29)
- Bank Soal dan Tryout (1)
- Berita Pendidikan (29)
- Berita/NEWS (8)
- BSE (7)
- CD Interaktive (8)
- Cerita Fiksi (6)
- Daftar Harga BSE (15)
- Download Free (8)
- eLearning (19)
- Info Diknas (19)
- IPTEK (5)
- Kajian Islam (7)
- Kurikulum 2013 (1)
- LPMP (4)
- Metode Pembelajaran (21)
- Model Interaksi Edukatif (11)
- Multimedia (17)
- NUPTK (1)
- Perangkat Pembelajaran (32)
- PLPG (6)
- Promo (2)
- PTK (10)
- Rahasian Kaya (1)
- Rencana Menjadi Kaya (1)
- sertifikasi guru (8)
- Silabus dan RPP (33)
- Software (6)
- Software Sekolah (5)
- Tips (3)
- Tips Pendidikan (3)
- Tori Belajar (1)
- Tutorial (6)
- Tutorial Blogspot (2)
- UKG (8)
- Video (7)
- Web Design (5)
Followers
Diberdayakan oleh Blogger.
uma hist�ria para contar.
-
▼
2011
(207)
-
▼
Januari
(48)
- Rumus Fisika
- CD Silabus RPP SK KD KKM & PROMES SD
- Faktor yang mempengaruhi belajar anak
- KKM Tematik
- PROMES TEMATIK
- Prota Tematik
- Silabus Tematik
- RPP Tematik
- Pemetaan SK dan KD Tematik
- Jaringan Tematik
- SK & KD Tematik
- RPP Eksplorasi, Elaborasi, dan Konfirmasi SD
- PANDUAN PENGEMBANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJ...
- Software Cangih untuk alih bahasa
- Cara Download Google Book
- Membaca Buku Online
- Buku Tentang Blog
- Buku Tutorial Design Catia
- Buku Pemrograman
- Buku Pembuatan Web
- Buku Tutorial Photo Shop
- Buku Tutorial Flash
- Buku Pemrograman Visual Basic
- Buku Pemrograman Delphi
- Buku Panduan Perikanan
- Buku Panduan Perternakan
- Buku Panduan Usaha Pertanian
- Buku Panduan Usaha
- PERANGKAT PEMBELAJARAN SD KELAS 6
- PERANGKAT PEMBELAJARAN SD KELAS 5
- PERANGKAT PEMBELAJARAN SD KELAS 4
- PERANGKAT PEMBELAJARAN SD KELAS 3
- PERANGKAT PEMBELAJARAN SD KELAS 2
- PERANGKAT PEMBELAJARAN SD KELAS 1
- PENILAIAN PEMBELAJARAN TEMATIK
- TAHAP PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK
- TAHAP PERSIAPAN PELAKSANAAN Pembelajaran Tematik
- Karakteristik Perkembangan anak usia kelas awal SD
- Latar Belakang Pembelajaran Tematik
- Model pembinaan CLK Guru SD
- Bank Soal SD IPA
- Bank Soal UAN SMP
- Bank Soal UAN SMA
- IPS TERPADU
- Telephon Gratis
- Trik Proteksi Software
- Flipbook Printer
- Ncesoft Maker Flip Book
-
▼
Januari
(48)
vaguearam por aqui
Arsip Blog
-
▼
2011
(207)
-
▼
Januari
(48)
- Rumus Fisika
- CD Silabus RPP SK KD KKM & PROMES SD
- Faktor yang mempengaruhi belajar anak
- KKM Tematik
- PROMES TEMATIK
- Prota Tematik
- Silabus Tematik
- RPP Tematik
- Pemetaan SK dan KD Tematik
- Jaringan Tematik
- SK & KD Tematik
- RPP Eksplorasi, Elaborasi, dan Konfirmasi SD
- PANDUAN PENGEMBANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJ...
- Software Cangih untuk alih bahasa
- Cara Download Google Book
- Membaca Buku Online
- Buku Tentang Blog
- Buku Tutorial Design Catia
- Buku Pemrograman
- Buku Pembuatan Web
- Buku Tutorial Photo Shop
- Buku Tutorial Flash
- Buku Pemrograman Visual Basic
- Buku Pemrograman Delphi
- Buku Panduan Perikanan
- Buku Panduan Perternakan
- Buku Panduan Usaha Pertanian
- Buku Panduan Usaha
- PERANGKAT PEMBELAJARAN SD KELAS 6
- PERANGKAT PEMBELAJARAN SD KELAS 5
- PERANGKAT PEMBELAJARAN SD KELAS 4
- PERANGKAT PEMBELAJARAN SD KELAS 3
- PERANGKAT PEMBELAJARAN SD KELAS 2
- PERANGKAT PEMBELAJARAN SD KELAS 1
- PENILAIAN PEMBELAJARAN TEMATIK
- TAHAP PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK
- TAHAP PERSIAPAN PELAKSANAAN Pembelajaran Tematik
- Karakteristik Perkembangan anak usia kelas awal SD
- Latar Belakang Pembelajaran Tematik
- Model pembinaan CLK Guru SD
- Bank Soal SD IPA
- Bank Soal UAN SMP
- Bank Soal UAN SMA
- IPS TERPADU
- Telephon Gratis
- Trik Proteksi Software
- Flipbook Printer
- Ncesoft Maker Flip Book
-
▼
Januari
(48)
0 komentar:
Posting Komentar