Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image

TAHAP PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK

  • Rabu, 26 Januari 2011
  • sanjayatrade
  • 1. Tahapan kegiatan
    Pelaksanaan pembelajaran tematik setiap hari dilakukan dengan menggunakan tiga
    tahapan kegiatan yaitu kegiatan pembukaan/awal/pendahuluan, kegiatan inti, dan
    kegiatan penutup. Alokasi waktu untuk setiap tahapan adalah kegiatan pembukaan
    kurang lebih satu jam pelajaran (1 x 35 menit), kegiatan inti 3 jam pelajaran (3 x 35
    menit) dan kegiatan penutup satu jam pelajaran (1 x 35 menit)

    a. Kegiatan Pendahuluan/awal/pembukaan
    Kegiatan ini dilakukan terutama untuk menciptakan suasana awal pembelajaran
    untuk mendorong siswa menfokuskan dirinya agar mampu mengikuti proses
    pembelajaran dengan baik.
    Sifat dari kegiatan pembukaan adalah kegiatan untuk pemanasan. Pada tahap ini
    dapat dilakukan penggalian terhadap pengalaman anak tentang tema yang akan
    disajikan. Beberapa contoh kegiatan yang dapat dilakukan adalah bercerita, kegiatan
    fisik/jasmani, dan menyanyi

    b. Kegiatan Inti
    Dalam kegiatan inti difokuskan pada kegiatan-kegiatan yang bertujuan untuk
    pengembangan kemampuan baca, tulis dan hitung. Penyajian bahan pembelajaran
    dilakukan dengan menggunakan berbagai strategi/metode yang bervariasi dan
    dapat dilakukan secara klasikal, kelompok kecil, ataupun perorangan.

    c. Kegiatan Penutup/Akhir dan Tindak Lanjut
    Sifat dari kegiatan penutup adalah untuk menenangkan. Beberapa contoh kegiatan
    akhir/penutup yang dapat dilakukan adalah menyimpulkan/mengungkapkan hasil
    pembelajaran yang telah dilakukan, mendongeng, membacakan cerita dari buku,
    pantomim, pesan-pesan moral, musik/apresiasi musik.
    Contoh jadwal pelaksanaan pembelajaran perhari dapat dijabarkan menjadi:

    Contoh 1:
    Kegiatan Jenis kegiatan
    Kegiatan pembukaan Anak berkumpul bernyanyi sambil menari mengikluti irama musik
    Kegiatan inti • Kegiatan untuk pengembangan membaca
    • Kegiatan untuk pengembangan menulis
    • Kegitan untuk pengembangan berhitung
    Kegiatan penutup Mendongeng atau membaca cerita dari buku cerita






    Contoh 2:
    Kegiatan Jenis kegiatan
    Kegiatan pembukaan Waktu berkumpul (anak m,enceritakan pengalkaman,
    menyanyi, melakukan kegiatan fisik sesuai dengan tema)
    Kegiatan inti  Pengembnagan kemmapuan menulis (kegiatan kelompok besar)
     Pengembnagan kemampuan berhitung kegiatan kelompok kecil atau berpasangan)
     Melakukan pengamatan sesuai dengan tema, misalnya mengamati jenis kendaraan yang lewat pada tema transporasi, menggambar hewan hasil pengamatan
    Kegiatan penutup  Mendongeng
     Pesan-pesan moral
     Musik/menyanyi

    2. Pengaturan Jadwal pelajaran
    Untuk memudahkan administrasi sekolah terutama dalam penjadwalan. Guru bersama
    dengan guru mata pelajaran pendidikan agama, guru pendidikan Jasmani dan guru
    muatan lokal perlu bersama-sama menyusun Jadwal pelajaran. Contoh jadwal yang
    dapat dikembangkan adalah:

    Waktu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu
    7-7.35 Matematika B. Indo Mat BI Penjaskes IPA
    7.35-8.10 Matematika B. Indo Mat BI penjaskes IPA
    8.10-8.45 Matematika B. Indo Mat KTK P. Agama mulok
    8.45-9.00 Istirahat
    9.00-9.35 B. Ind Mat IPS KTK P. Agama mulok
    9.35-10.10 B. Ind Mat IPS KTK

    0 komentar:

    Posting Komentar