Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image

LIPI Temukan Ratusan Mikroba Jenis Baru

  • Sabtu, 25 Juni 2011
  • sanjayatrade
  • Label:
  • PUSAT Penelitian Bioteknologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menemukan ratusan isolat mikroba jenis baru di 13 daerah di Indonesia, seperti Jambi, Bogor, Purwodadi, Lombok, dan  Kupang.

    “Dari penelitian kami dan identifikasi awal terhadap 6.500 mikroba, 30 persen merupakan isolat mikroba yang kemungkinan merupakan jenis baru,” kata Peneliti Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI, Dr Puspita Lisdiyanti dalam acara ’’Desiminasi dan Workshop Hasil Kerja Sama Penelitian LIPI dan Institusi Riset di Jepang’’ di Jakarta, Rabu (15/6).
    ’’Hasilnya telah dipublikasikan 10 jenis mikroba, di antaranya dari jenis actinomycetes, yang memiliki fungsi signifikan sebagai salah satu unsur bahan antibiotik yang berguna bagi manusia,’’ ujarnya.

    Mikroba jenis actinomycetes ini, tambahnya, berkontribusi sebanyak dua pertiga bahan antibiotik di dunia, sedangkan sisanya sebanyak sepertiga bahan antibiotik berasal dari fungi (jamur), sintesa kimia serta beberapa dari bakteri. ’’Banyak kekayaan biodiversitas alam Indonesia yang belum terungkap, misalnya mikroba. Hanya sebagian kecil saja mikroba kita yang sudah terdeteksi, seperti actinomycetes ini, padahal nilai ekonominya tinggi,’’ katanya.

    Isolasi mikroba yang telah dilakukan pihaknya kemudian menjadi pijakan bagi kolaborasi penelitian berikutnya dengan Pusat Penelitian Kimia LIPI untuk mencari enzim atau bahan aktif yang bisa bermanfaat mengatasi penyakit.
    ’’Misalnya enzim helikase untuk menghambat pertumbuhan virus hepatitis dan enzim manakase yang berguna untuk mendegradasi biomassa, seperti sampah,’’ katanya. (ant-24)

    Susu Sapi Sekualitas ASI

    SEBUAH laboratorium Argentina, baru-baru ini, mengumumkan telah menghasilkan sapi transgenik pertama di dunia, menggunakan gen-gen manusia yang memungkinkan sapi tersebut menghasilkan susu yang setara dengan air susu ibu (ASI).
    “Sapi kloning itu diberi nama Rosita ISA, merupakan sapi pertama di dunia yang menggabungkan gen manusia,’’ kata Lembaga Nasional Teknologi Agrobisnis Argentina dalam satu pernyataannya seperti dikutip AFP.
    Berdasarkan pernyataan itu, Rosita ISA lahir pada 6 April, lewat operasi caesar karena bobotnya lebih dari 45 kg atau dua kali lipat dari berat normal sapi Jersey.
    ’’Ketika dewasa, sapi itu akan menghasilkan susu yang mirip dengan ASI,’’ kata pernyataan itu lagi.
    ’’Tujuan kami adalah meningkatkan nilai gizi susu sapi dengan menambahkan dua gen manusia, protein lactoferrin, yang memberi perlindungan anti bakteri dan anti virus kepada bayi, dan lysozyme yang juga agen antibakteri,’’ kata peneliti Adrian Mutto dalam konferensi pers.      
    Kloning itu merupakan proyek gabungan antara Institut Argentina dengan Universitas Nasional San Martin. (ant-24)

    Soyuz Tiba  di Stasiun
    Ruang Angkasa

    KAPSUL Rusia Soyuz yang mengangkut tiga kru multinasional tiba di Stasiun Ruang Angkasa Internasional (ISS), Kamis waktu AS, untuk memulai misi enam bulan yang akan mencakup menjadi markas untuk kru pesawat ulang alik terakhir NASA.
    Kedatangan kosmonot Sergei Volkov, astronot NASA Mike Fossum dan Satoshi Furukawa dari Jepang membuat penghuni kru pendukung stasiun ruang angkasa itu menjadi enam orang. Mereka bergabung dengan komandan Andrey Borisenko, kosmonot Alexander Samokutyaev dan Ron Garab dari NASA, yang sudah tinggal di stasiun antariksas itu sejak April.
    Kru terdahulu, termasuk Paolo Nespoli dari Italia, melengkapi masa tugas selama enam bulan saat pesawat ulang alik Endeavour mengunjungi stasiun itu bulan lalu untuk mengirim detektor partikel dan suku cadang Alfa Spektrometer Magnetik $2. Stasiun itu disiapkan untuk misi pesawat ulang alik terakhir pada bulan Juli nanti.  Pesawat ulang alik Atlantis akan tiba pada 10 Juli untuk tinggal selama delapan hari di stasiun itu. (ant-24)

    0 komentar:

    Posting Komentar