Ada lima definisi tentang pengelolaan kelas.
Definisi pertama, memandang bahwa pengelolaan kelas sebagai proses untuk mengontrol tingkah laku siswa. Pandangan ini bersifat otoritatif. Dalam kaitan ini tugas guru ialah menciptakan dan memelihara ketertiban suasana kelas. Penggunaan disiplin amat diutamakan. Menurut pandangan ini istilah pengelolaan kelas dan disiplin kelas dipakai sebagai sinonim. Secara lebih khusus, definisi pertama ini dapat berbunyi: pengelolaan kelas ialah seperangkat kegiatan guru untuk menciptakan dan mempertahankan ketertiban suasana kelas.
Definisi kedua bertolak belakang dengan definisi pertama diatas, yaitu yang didasarkan atas pandangan yang bersifat permisif. Pandangan ini menekankan bahwa tugas guru ialah memaksimalkan perwujudan kebebasan siswa. Dalam hal ini guru membantu siswa untuk merasa bebas melakukan hal yang ingin dilakukannya. Berbuat sebaliknya berarti guru menghambat atau menghalangi perkembangan anak secara alamiah. Dengan demikian, definisi kedua dapat berbunyi: pengelolaan kelas ialah seperangkat kegiatan guru untuk memaksimalkan kebebasan siswa. Meskipun kedua pandangan diatas, pandangan otortatif dan permisif, mempunyai sejumlah pengikut, namun keduanya dianggap kurang efektif bahkan kurang bertanggungjawab. Pandangan otoritatif adalah kurang manusiawi sedangkan pandangan permisif kurang realistik.
Definisi ketiga didasarkan pada prinsip-prinsip pengubahan tingkah laku (behavioral modification). Dalam kaitan ini pengelolaan kelas dipandang sebagai proses pengubahan tingkah laku siswa. Peranan guru ialah mengembangkan dan mengurangi atau meniadakan tingkah laku yang tidak diinginkan. Secara singkat, guru membantu siswa dalam mempelajari tingkah laku yang tepat melalui penerapan prinsip-prinsip yang diambil dari teori penguatan (reinforcement). Definisi yang didasarkan pada pandangan ini dapat berbunyi: pengelolaan kelas ialah seperangkat kegiatan guru untuk mengembangkan tingkah laku siswa yang diinginkan dan mengurangi atau meniadakan tingkah laku yang tidak diinginkan.
Definisi keempat memandang pengelolaan kelas sebagai proses penciptaan iklim sosio-emosional yang positif didalam kelas. Pandangan ini mempunyai anggaran dasar bahwa kegiatan belajar akan berkembang secara maksimal di dalam kelas yang beriklim positif, yaitu suasana hubungan interpersonal yang baik antara guru dengan siswa dan siswa dengan siswa. Untuk terciptanya suasana seperti ini guru memegang peranan kunci. Dengan demikian peranan guru ialah mengembangkan iklim sosio-emosional kelas yang positif melalui pertumbuhan hubungan interpersonal yang sehat. Dalam kaitan ini definisi keempat dapat berbunyi: pengelolaan kelas ialah seperangkat kegiatan guru untuk mengembangkan hubungan interpersonal yang baik dan iklim sosio-emosional kelas yang positif.
Definisi kelima bertolak dari anggapan bahwa kelas merupakan sistem sosial dengan proses kelompok (group process) sebagai intinya. Dalam kaitan ini dipakailah anggapan dasar bahwa pengajaran berlangsung dalam kaitannya dengan suatu kelompok. Dengan demikian, kehidupan kelas sebagai kelompok dipandang mempunyai pengaruh yang amat berarti terhadap kegiatan belajar, meskipun belajar dianggap sebagai proses individual. Peranan guru ialah mendorong berkembangnya dan berprestasinya sistem kelas yang efektif. Definisi kelima dapat berbunyi: pengelolaan kelas ialah seperangkat kegiatan guru untuk menumbuhkan dan mempertahankan organisasi kelas yang efektif.
Ketiga definisi yang terakhir tersebut diatas masing-masing bertitik tolak dari dasar pandangan yang berbeda. Manakah yang terbaik diantara ketiga definisi itu? Dari ketiga pandangan itu tidak satupun pernah dibuktikan sebagai pandangan yang terbaik. Oleh karena itu adalah bermanfaat apabila guru mampu membentuk suatu pandangan yang bersifat pluralistic, yaitu pandangan tersebut. Perlu dicatat bahwa pandangan pluralistic yang merangkum tiga dasar pandangan itu (pandangan tentang pengubahan tingkah laku, iklim sosio-emosional, dan proses kelompok) tidak mungkin merangkum juga pandangan yang bersifat otoritatif dan permisif. Pandangan yang otoritatif dan permisif itu justru dapat berlawanan dengan pandangan pluralistic yang dimaksud.
Definisi yang pluralistic itu dapat berbunyi: pengelolaan kelas ialah seperangkat kegiatan untuk mengembangkan tingkah laku siswa yang diinginkan dan mengurangi atau meniadakan tingkah laku yang tidak diinginkan, mengembangkan hubungan interpersonal dan iklim sosio-emosional yang positif, serta mengembangkan dan mempertahankan organisasi kelas yang efektif dan produktif.
Guru-guru perlu memahami dan memegang salah satu definisi tersebut diatas yang akan menjadi pedoman bagi tingkah laku dan kegiatan guru didalam kelas dalam rangka mengelola kelasnya. Definisi yang lebih tepat bagi guru-guru kiranya adalah definisi yang bersifat pluralistic.
SUMBER BACAAN
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1982. Buku II: Modul Pengelolaan Kelas. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Proyek Pengembangan Institusi Pendidikan Tinggi.
Definisi Pengelolaan Kelas
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
About Me
- sanjayatrade
Labels
- Artikel (3)
- Bahan Ajar (29)
- Bank Soal dan Tryout (1)
- Berita Pendidikan (29)
- Berita/NEWS (8)
- BSE (7)
- CD Interaktive (8)
- Cerita Fiksi (6)
- Daftar Harga BSE (15)
- Download Free (8)
- eLearning (19)
- Info Diknas (19)
- IPTEK (5)
- Kajian Islam (7)
- Kurikulum 2013 (1)
- LPMP (4)
- Metode Pembelajaran (21)
- Model Interaksi Edukatif (11)
- Multimedia (17)
- NUPTK (1)
- Perangkat Pembelajaran (32)
- PLPG (6)
- Promo (2)
- PTK (10)
- Rahasian Kaya (1)
- Rencana Menjadi Kaya (1)
- sertifikasi guru (8)
- Silabus dan RPP (33)
- Software (6)
- Software Sekolah (5)
- Tips (3)
- Tips Pendidikan (3)
- Tori Belajar (1)
- Tutorial (6)
- Tutorial Blogspot (2)
- UKG (8)
- Video (7)
- Web Design (5)
Followers
Diberdayakan oleh Blogger.
uma hist�ria para contar.
-
▼
2010
(249)
-
▼
Oktober
(77)
- Jenazah Mbah Marijan
- Burung Merak
- Merapi Meletus
- PENYELESAIAN PERSAMAAN LINEAR
- Panduan dan Juknis KTSP 2010
- Produk Hukum Pendidikan
- Panduan Perangkat PSB
- Panduan dan Juknis SKM-SSN SMA
- Panduan dan Juknis KTSP SMA
- Home Education 7
- Home Education 6
- Home Education 5
- Home Education 3
- Home Education 4
- Home Education 2
- Home Education
- Bank Soal SMK.
- Bank Soal SMA
- Bank Soal SMP
- Bank Soal SD
- RALAT PENGUMUMAN CPNS 2010 Diknas
- Implementasi Penelitian Tindakan Kelas Penelitian ...
- Guru kurikulum dan guru inspiratif
- Alasan Guru Takut Lakukan PTK
- SCRIP SMART
- Materi Ajar SMK Pengetahuan Dasar Otomotif
- Materi Ajar SMK Buku Manual Service Motor
- Materi Ajar SMK Buku Manual Service Mobil
- Materi Pelajaran SMK
- Pembelajaran Matematika secara PAKEM
- Metoda pembelajaran matematika SMA
- metoda pembelajaran matematikaSMK
- Metoda pembelajaran matematika SMP
- Teori dan metoda pembelajaran matematika dari SD
- SMK Bhakti Nusantara 666 Kunjungan Ke Blogdetik.com
- Silabus RPP KTSP Desain Grafis dan Multimedia
- Soal Ujian Kendali Mutu SD
- Akreditasi Sekolah
- Standar Akreditasi Sekolah
- Administrasi/Manajemen Sekolah
- Organisasi/Kelembagaan
- Sarana dan Prasarana Sekolah
- Pembiayaan/Pendanaan Sekolah
- Lingkungan/Kultur Sekolah
- Kerangka Instrumen Akreditasi Sekolah
- Penentuan Peringkat Akreditasi Sekolah
- PELAKSANAAN AKREDITASI
- MONITORING DAN PUBLIKASI AKREDITASI SEKOLAH
- BADAN AKREDITASI SEKOLAH
- PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP
- MEMBANGUN MUTU MANAJEMEN PENDIDIKAN
- Pendidikan Sukses
- Syarat-syarat Agar PTK Berhasil
- BEBERAPA ISU MANAJEMEN PENDIDIKAN
- PENELITIAN DAN KTI GURU
- PANDUAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN IPS
- PANDUAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN IPA TERPADU
- Implementasi Penelitian Tindakan Kelas
- Implementasi Penelitian Tindakan Kelas
- Penelitian TIndakan Kelas
- Proses Dasar Penelitian Tindakan
- Persyaratan Keberhasilan PTK
- Pendekatan Pengubahan Tingkah Laku dalam Pengelola...
- Menghadapi Masalah-masalah Pengelolaan Kelas
- Kegiatan Mengajar dan Mengelola Kelas
- Definisi Pengelolaan Kelas
- Bahan Ajar Bahasa Inggris
- PTK (Penelitian Tindakan Kelas)
- RPP KTSP
- Seri Metodologi PAKEM
- 6 Fakta Menarik Tentang Nasi Yang Dianggap Mitos
- Produk
- Bahan Ajar TK dan PAUD
- Bahan Ajar SD
- Bahan Ajar SMP
- Bahan Ajar SMA
- BAHAN AJAR SMK
-
▼
Oktober
(77)
vaguearam por aqui
Arsip Blog
-
▼
2010
(249)
-
▼
Oktober
(77)
- Jenazah Mbah Marijan
- Burung Merak
- Merapi Meletus
- PENYELESAIAN PERSAMAAN LINEAR
- Panduan dan Juknis KTSP 2010
- Produk Hukum Pendidikan
- Panduan Perangkat PSB
- Panduan dan Juknis SKM-SSN SMA
- Panduan dan Juknis KTSP SMA
- Home Education 7
- Home Education 6
- Home Education 5
- Home Education 3
- Home Education 4
- Home Education 2
- Home Education
- Bank Soal SMK.
- Bank Soal SMA
- Bank Soal SMP
- Bank Soal SD
- RALAT PENGUMUMAN CPNS 2010 Diknas
- Implementasi Penelitian Tindakan Kelas Penelitian ...
- Guru kurikulum dan guru inspiratif
- Alasan Guru Takut Lakukan PTK
- SCRIP SMART
- Materi Ajar SMK Pengetahuan Dasar Otomotif
- Materi Ajar SMK Buku Manual Service Motor
- Materi Ajar SMK Buku Manual Service Mobil
- Materi Pelajaran SMK
- Pembelajaran Matematika secara PAKEM
- Metoda pembelajaran matematika SMA
- metoda pembelajaran matematikaSMK
- Metoda pembelajaran matematika SMP
- Teori dan metoda pembelajaran matematika dari SD
- SMK Bhakti Nusantara 666 Kunjungan Ke Blogdetik.com
- Silabus RPP KTSP Desain Grafis dan Multimedia
- Soal Ujian Kendali Mutu SD
- Akreditasi Sekolah
- Standar Akreditasi Sekolah
- Administrasi/Manajemen Sekolah
- Organisasi/Kelembagaan
- Sarana dan Prasarana Sekolah
- Pembiayaan/Pendanaan Sekolah
- Lingkungan/Kultur Sekolah
- Kerangka Instrumen Akreditasi Sekolah
- Penentuan Peringkat Akreditasi Sekolah
- PELAKSANAAN AKREDITASI
- MONITORING DAN PUBLIKASI AKREDITASI SEKOLAH
- BADAN AKREDITASI SEKOLAH
- PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP
- MEMBANGUN MUTU MANAJEMEN PENDIDIKAN
- Pendidikan Sukses
- Syarat-syarat Agar PTK Berhasil
- BEBERAPA ISU MANAJEMEN PENDIDIKAN
- PENELITIAN DAN KTI GURU
- PANDUAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN IPS
- PANDUAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN IPA TERPADU
- Implementasi Penelitian Tindakan Kelas
- Implementasi Penelitian Tindakan Kelas
- Penelitian TIndakan Kelas
- Proses Dasar Penelitian Tindakan
- Persyaratan Keberhasilan PTK
- Pendekatan Pengubahan Tingkah Laku dalam Pengelola...
- Menghadapi Masalah-masalah Pengelolaan Kelas
- Kegiatan Mengajar dan Mengelola Kelas
- Definisi Pengelolaan Kelas
- Bahan Ajar Bahasa Inggris
- PTK (Penelitian Tindakan Kelas)
- RPP KTSP
- Seri Metodologi PAKEM
- 6 Fakta Menarik Tentang Nasi Yang Dianggap Mitos
- Produk
- Bahan Ajar TK dan PAUD
- Bahan Ajar SD
- Bahan Ajar SMP
- Bahan Ajar SMA
- BAHAN AJAR SMK
-
▼
Oktober
(77)
0 komentar:
Posting Komentar