Persyaratan Keberhasilan PTK
Agar PTK berhasil, persyaratan berikut harus dipenuhi (Hodgkinson, 1988): (1) kesediaan untuk mengakui kekurangan diri; (2) kesempatan yang memadai untuk menemukan sesuatu yang baru; (3) dorongan untuk mengemukakan gagasan baru; (4) waktu yang tersedia untuk melakukan percobaan; (5) kepercayaan timbal balik antar orang-orang yang terlibat; dan (6)pengetahuan tentang dasar-dasar proses kelompok oleh peserta penelitian.
Penelitian Tindakan Kolaboratif
Kolaborasi atau kerja sama perlu dan penting dilakukan dalam PTK karena PTK yang dilakukan secara perorangan bertentangan dengan hakikat PTK itu sendiri (Burns, 1999). Beberapa butir penting tentang PTK kolaboratif Kemmis dan McTaggart (1988: 5; Hill & Kerber, 1967, disitir oleh Cohen & Manion, 1985, dalam Burns, 1999: 31): (1) penelitian tindakan yang sejati adalah penelitian tindakan kolaboratif, yaitu yang dilakukan oleh sekelompok peneliti melalui kerja sama dan kerja bersama, (2) penelitian kelompok tersebut dapat dilaksanakan melalui tindakan anggota kelompok perorangan yang diperiksa secara kritis melalui refleksi demokratik dan dialogis; (3) optimalisasi fungsi PTK kolaboratif dengan mencakup gagasan-gagasan dan harapan-harapan semua orang yang terlibat dalam situasi terkait; (4) pengaruh langsung hasil PTK pada Anda sebagai guru dan murid-murid Anda serta sekaligus pada situasi dan kondisi yang ada.
Kolaborasi atau kerja sama dalam melakukan penelitian tindakan dapat dilakukan dengan: mahasiswa; sejawat dalam jurusan/sekolah/lembaga yang sama; sejawat dari lembaga/sekolah lain; sejawat dengan wilayah keahlian yang berbeda (misalnya antara guru dan pendidik guru, antara guru dan peneliti; antara guru dan manajer); sejawat dalam disiplin ilmu yang berbeda (misalnya antara guru bahasa asing dan guru bahasa ibu); dan sejawat di negara lain (Wallace, 1998).
Prinsip-prinsip penelitian tindakan kolaboratif
Tiga tahap PTK kolaboratif adalah: prakarsa, pelaksanaan, dan diseminasi (Burns, 1999: 207-208). Butir-butir tentang prakarsa yang perlu dipertimbangkan dalam PTK Anda (Burns, 1999: 207):
1. Sejauh dapat dilakukan, agenda PTK tindakan hendaknya ditarik dari kebutuhan-kebutuhan, kepedulian dan persyaratan yang diungkapkan oleh semua pihak Anda sendiri, sejawat, kepala sekolah, murid-murid, dan/atau orangtua murid) yang terlibat dalam konteks pembelajaran/kependidikan di kelas/sekolah Anda;
2. PTK Anda hendaknya benar-benar memanfaatkan keterampilan, minat dan keterlibatan Anda sebagai guru dan sejawat;
3. PTK Anda hendaknya terpusat pada masalah-masalah pembelajaran kelas Anda, yang ditemukan dalam kenyataan sehari-hari. Namun demikian, hasil PTK Anda daapt juga memberikan masukan untuk pengembangan teori pembelajaran bidang studi Anda;
4. Metodologi PTK Anda hendaknya ditentukan dengan mempertimbangkan persoalan pembelajaran kelas Anda yang sedang diteliti, sumber daya yang ada dan murid-murid sebagai sasaran penelitian.
5. PTK Anda hendaknya direncanakan, dilaksanakan dan dievaluasi secara kolaboratif. Tujuan, metode, pelaksanaan dan strategi evaluasi hendaknya Anda negosiasikan dengan pemangku kepentingan (stakeholders) terutama penelitian Anda, sejawat, murid-murid, dan kepala sekolah (yang mungkin diperlukan dukungan kebijakannya).
6. PTK Anda hendaknya bersifat antardisipliner, yaitu sedapat mungkin didukung oleh wawasan dan pengalaman orang-orang dari bidang-bidang lain yang relevan, seperti ilmu jiwa, antropologi, dan sosiologi serta budaya. Jadi Anda dapat mencari masukan dari teman-teman guru atau dosen LPTK yang relevan.
Dalam PTK, butir-butir pelaksanaan di bawah harus dipertimbangkan (Burns, 1999: 207-208):
1. Anda sebagai pelaku PTK hendaknya berupaya memperoleh keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk melaksanakannya. Upayakan mendapatkan dari pemimpin dukungan dan bantuan secara terus menerus dalam tahap-tahap pelaksanaan, diseminasi, dan tindak-lanjut penelitiannya.
2. PTK Anda selayaknya dilakukan dalam kelas sendiri.
3. PTK Anda akan berjalan dengan baik jika terkait dengan program peningkatan guru dan pengembangan materi di sekolah atau wilayah sendiri.
4. PTK Anda hendaknya dipadukan dengan komponen evaluasi.
Dalam tahap diseminasi PTK perlu dipertimbangkandua butir berikut (Burns, 1999: 208)
1. Bentuk pelaporan hasil penelitian tindakan ditentukan oleh audiens sasaran. Jika audiens sasarannya adalah guru-guru bahasa Inggris di SD, misalnya, bentuk laporannya berbeda dengan jika audiens sasarannya adalah pendidik guru bahasa Inggris di universitas.
2. Jaringan kerja dan mekanisme yang tersedia di dalam lembaga pendidikan Anda hendaknya digunakan untuk menyebarkan hasil penelitian terkait. Misalnya, penyebaran hasil penelitian dilakukan lewat simposium guru, sarasehan MGMP, atau seminar daerah.
Kelebihan dan Kelemahan PTK Kolaboratif
Apa kelemahan dan kelebihan PTK? Kelebihannya seperti dikatakan Burns (1999: 13) sebagai berikut. Proses penelitian kolaboratif memperkuat kesempatan bagi hasil penelitian tentang praktik pendidikan untuk diumpanbalikkan ke sistem pendidikan dengan cara yang lebih substansial dan kritis. Proses tersebut mendorong guru untuk berbagi masalah-masalah umum dan bekerja sama sebagai masyarakat penelitian untuk memeriksa asumsi, nilai dan keyakinan yang sedang mereka pegang dalam kultur sosio-politik lembaga tempat mereka bekerja. Proses kelompok dan tekanan kolektif kemungkinan besar akan mendorong keterbukaan terhadap perubahan kebijakan dan praktik. Penelitian tindakan kolaboratif secara potensial lebih memberdayakan daripada penelitian tindakan yang dilakukan secara individu karena menawarkan kerangka kerja yang mantab untuk perubahan keseluruhan.
Selain itu, ada kelebihan lain dari PTK kolaboratif (Wallace, 1998: 209-210): (1) kedalaman dan cakupan, yang artinya makin banyak orang terlibat dalam proyek penelitian tindakan, makin banyak data dapat dikumpulkan, apakah dalam hal kedalaman (misalnya studi kasus kelas bahasa Inggris) atau dalam hal cakupan (misalnya beberapa studi kasus suplementer; populasi yang lebih besar), atau dalam keduanya dan ini disebabkan makin banyak perspektif yang digunakan akan makin intensif pemeriksaan terhadap data atau makin luas cakupan persoalan dalam hal tim peneliti saling berkolaborasi dalam meneliti kelasnya masing-masing; (2) Validitas dan reliabilitas, yaitu keterlibatan orang lain akan mempermudah penyelidikan terhadap satu persoalan dari sudut yang berbeda, mungkin dengan menggunakan teknik penelitian yang berbeda (yaitu menggunakan trianggulasi); dan (3) Motivasi yang timbal lewat dinamika kelompok yang benar, di mana bekerja sebagai anggota tim lebih bersemangat daripada bekerja sendiri.
Kelemahan terbesar PTK kolaboratif terkait dengan sulitnya mencapai keharmonisan kerjasama antara orang-orang yang berlatar belakang yang berbeda. Hal ini dapat dipecahkan dengan membicarakan aturan-aturan dasar (Wallace, 1998: 210), seperti yang tersirat dalam pertanyaan-pertanyaan berikut: Apa yang akan kita lakukan? Mengapa kita menangani masalah ini? (Apakah kita memiliki motivasi yang sama, atau motivasi yang berbeda?) Bagaimana kita akan melakukannya? (Siapa melakukan apa dan kapan?) Berapa banyak waktu masing-masing dari kita akan siap dihabiskan untuk keperluan ini? Berapa sering kita akan bertemu, di mana dan kapan? Apa hasil akhir yang diharapkan? (Suatu ceramah atau artikel; atau sekadar pengalaman yang sama?)
Sumber: http://www.ktiguru.org/cms/view.php?page=materi
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
About Me
- sanjayatrade
Labels
- Artikel (3)
- Bahan Ajar (29)
- Bank Soal dan Tryout (1)
- Berita Pendidikan (29)
- Berita/NEWS (8)
- BSE (7)
- CD Interaktive (8)
- Cerita Fiksi (6)
- Daftar Harga BSE (15)
- Download Free (8)
- eLearning (19)
- Info Diknas (19)
- IPTEK (5)
- Kajian Islam (7)
- Kurikulum 2013 (1)
- LPMP (4)
- Metode Pembelajaran (21)
- Model Interaksi Edukatif (11)
- Multimedia (17)
- NUPTK (1)
- Perangkat Pembelajaran (32)
- PLPG (6)
- Promo (2)
- PTK (10)
- Rahasian Kaya (1)
- Rencana Menjadi Kaya (1)
- sertifikasi guru (8)
- Silabus dan RPP (33)
- Software (6)
- Software Sekolah (5)
- Tips (3)
- Tips Pendidikan (3)
- Tori Belajar (1)
- Tutorial (6)
- Tutorial Blogspot (2)
- UKG (8)
- Video (7)
- Web Design (5)
Followers
Diberdayakan oleh Blogger.
uma hist�ria para contar.
-
▼
2010
(249)
-
▼
Oktober
(77)
- Jenazah Mbah Marijan
- Burung Merak
- Merapi Meletus
- PENYELESAIAN PERSAMAAN LINEAR
- Panduan dan Juknis KTSP 2010
- Produk Hukum Pendidikan
- Panduan Perangkat PSB
- Panduan dan Juknis SKM-SSN SMA
- Panduan dan Juknis KTSP SMA
- Home Education 7
- Home Education 6
- Home Education 5
- Home Education 3
- Home Education 4
- Home Education 2
- Home Education
- Bank Soal SMK.
- Bank Soal SMA
- Bank Soal SMP
- Bank Soal SD
- RALAT PENGUMUMAN CPNS 2010 Diknas
- Implementasi Penelitian Tindakan Kelas Penelitian ...
- Guru kurikulum dan guru inspiratif
- Alasan Guru Takut Lakukan PTK
- SCRIP SMART
- Materi Ajar SMK Pengetahuan Dasar Otomotif
- Materi Ajar SMK Buku Manual Service Motor
- Materi Ajar SMK Buku Manual Service Mobil
- Materi Pelajaran SMK
- Pembelajaran Matematika secara PAKEM
- Metoda pembelajaran matematika SMA
- metoda pembelajaran matematikaSMK
- Metoda pembelajaran matematika SMP
- Teori dan metoda pembelajaran matematika dari SD
- SMK Bhakti Nusantara 666 Kunjungan Ke Blogdetik.com
- Silabus RPP KTSP Desain Grafis dan Multimedia
- Soal Ujian Kendali Mutu SD
- Akreditasi Sekolah
- Standar Akreditasi Sekolah
- Administrasi/Manajemen Sekolah
- Organisasi/Kelembagaan
- Sarana dan Prasarana Sekolah
- Pembiayaan/Pendanaan Sekolah
- Lingkungan/Kultur Sekolah
- Kerangka Instrumen Akreditasi Sekolah
- Penentuan Peringkat Akreditasi Sekolah
- PELAKSANAAN AKREDITASI
- MONITORING DAN PUBLIKASI AKREDITASI SEKOLAH
- BADAN AKREDITASI SEKOLAH
- PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP
- MEMBANGUN MUTU MANAJEMEN PENDIDIKAN
- Pendidikan Sukses
- Syarat-syarat Agar PTK Berhasil
- BEBERAPA ISU MANAJEMEN PENDIDIKAN
- PENELITIAN DAN KTI GURU
- PANDUAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN IPS
- PANDUAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN IPA TERPADU
- Implementasi Penelitian Tindakan Kelas
- Implementasi Penelitian Tindakan Kelas
- Penelitian TIndakan Kelas
- Proses Dasar Penelitian Tindakan
- Persyaratan Keberhasilan PTK
- Pendekatan Pengubahan Tingkah Laku dalam Pengelola...
- Menghadapi Masalah-masalah Pengelolaan Kelas
- Kegiatan Mengajar dan Mengelola Kelas
- Definisi Pengelolaan Kelas
- Bahan Ajar Bahasa Inggris
- PTK (Penelitian Tindakan Kelas)
- RPP KTSP
- Seri Metodologi PAKEM
- 6 Fakta Menarik Tentang Nasi Yang Dianggap Mitos
- Produk
- Bahan Ajar TK dan PAUD
- Bahan Ajar SD
- Bahan Ajar SMP
- Bahan Ajar SMA
- BAHAN AJAR SMK
-
▼
Oktober
(77)
vaguearam por aqui
Arsip Blog
-
▼
2010
(249)
-
▼
Oktober
(77)
- Jenazah Mbah Marijan
- Burung Merak
- Merapi Meletus
- PENYELESAIAN PERSAMAAN LINEAR
- Panduan dan Juknis KTSP 2010
- Produk Hukum Pendidikan
- Panduan Perangkat PSB
- Panduan dan Juknis SKM-SSN SMA
- Panduan dan Juknis KTSP SMA
- Home Education 7
- Home Education 6
- Home Education 5
- Home Education 3
- Home Education 4
- Home Education 2
- Home Education
- Bank Soal SMK.
- Bank Soal SMA
- Bank Soal SMP
- Bank Soal SD
- RALAT PENGUMUMAN CPNS 2010 Diknas
- Implementasi Penelitian Tindakan Kelas Penelitian ...
- Guru kurikulum dan guru inspiratif
- Alasan Guru Takut Lakukan PTK
- SCRIP SMART
- Materi Ajar SMK Pengetahuan Dasar Otomotif
- Materi Ajar SMK Buku Manual Service Motor
- Materi Ajar SMK Buku Manual Service Mobil
- Materi Pelajaran SMK
- Pembelajaran Matematika secara PAKEM
- Metoda pembelajaran matematika SMA
- metoda pembelajaran matematikaSMK
- Metoda pembelajaran matematika SMP
- Teori dan metoda pembelajaran matematika dari SD
- SMK Bhakti Nusantara 666 Kunjungan Ke Blogdetik.com
- Silabus RPP KTSP Desain Grafis dan Multimedia
- Soal Ujian Kendali Mutu SD
- Akreditasi Sekolah
- Standar Akreditasi Sekolah
- Administrasi/Manajemen Sekolah
- Organisasi/Kelembagaan
- Sarana dan Prasarana Sekolah
- Pembiayaan/Pendanaan Sekolah
- Lingkungan/Kultur Sekolah
- Kerangka Instrumen Akreditasi Sekolah
- Penentuan Peringkat Akreditasi Sekolah
- PELAKSANAAN AKREDITASI
- MONITORING DAN PUBLIKASI AKREDITASI SEKOLAH
- BADAN AKREDITASI SEKOLAH
- PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP
- MEMBANGUN MUTU MANAJEMEN PENDIDIKAN
- Pendidikan Sukses
- Syarat-syarat Agar PTK Berhasil
- BEBERAPA ISU MANAJEMEN PENDIDIKAN
- PENELITIAN DAN KTI GURU
- PANDUAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN IPS
- PANDUAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN IPA TERPADU
- Implementasi Penelitian Tindakan Kelas
- Implementasi Penelitian Tindakan Kelas
- Penelitian TIndakan Kelas
- Proses Dasar Penelitian Tindakan
- Persyaratan Keberhasilan PTK
- Pendekatan Pengubahan Tingkah Laku dalam Pengelola...
- Menghadapi Masalah-masalah Pengelolaan Kelas
- Kegiatan Mengajar dan Mengelola Kelas
- Definisi Pengelolaan Kelas
- Bahan Ajar Bahasa Inggris
- PTK (Penelitian Tindakan Kelas)
- RPP KTSP
- Seri Metodologi PAKEM
- 6 Fakta Menarik Tentang Nasi Yang Dianggap Mitos
- Produk
- Bahan Ajar TK dan PAUD
- Bahan Ajar SD
- Bahan Ajar SMP
- Bahan Ajar SMA
- BAHAN AJAR SMK
-
▼
Oktober
(77)
0 komentar:
Posting Komentar