Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image

Contoh RPP Berkarakter Mapel Bahasa Indonesia SMP

  • Selasa, 16 November 2010
  • sanjayatrade
  • RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
    Mata Pelajaran             : Bahasa Indonesia Nama Sekolah              : SMP Kelas/Semester            : VIII/1 Alokasi Waktu : 4 x 40 menit (2 x pertemuan)
    1. Standar Kompetensi
    Mengungkapkan berbagai informasi melalui wawancara dan presentasi laporan
    1. Kompetensi Dasar
    Berwawancara dengan narasumber dari berbagai kalangan dengan memperhatikan etika wawancara.
    1. Tujuan Pembelajaran
    1. Siswa dapat mampu menyusun daftar pertanyaan untuk berwawancara dengan cermat (NK:cermat dan kreatif) setelah menentukan narasumber dan topik wawancara.
    2. Siswa mampu melakukan wawancara dengan narasumber dengan memperhatikan etika (NK: santun dan percaya diri) berwawancara setelah menyusun daftar pertanyaan.
    1. Materi Pokok
    1. Wawancara
    Wawancara adalah tanya jawab dengan seseorang yang diperlukan untuk dimintai keterangan atau pendapatnya tentang suatu hal .
    1. Etika wawancara
      1. Mengadakan pertemuan awal dengan orang yang diwawancarai untuk menentukan kesediaan orang tersebut untuk diwawancarai.
      2. Gunakan bahasa yang efektif, halus dan sopan
      3. Hindari pertanyaan tentang hal-hal yang tabu atau menyinggung prasaan.
      4. Pandai-pandailah menyimpulkan jawaban yang panjang lebar
    1. Langkah wawancara
      1. Menentukan tujuan wawancara dan informasi yang ingin diperoleh.
      2. Menyusun daftar pertanyaan
      3. Menemui tokoh yang diwawancarai
      4. Melakukan wawancara
      5. Menyusun hasil wawancara secara teratur dan rapi sebagai hasil akhir.
    1. Metode Pembelajaran
    CTL dengan sintaks Pembelajaran :
    1. Fase 1: Pengembangan pengetahuan (apersepsi)
    2. Fase 2: Pemodelan
    3. Fase 3: Pengembangan belajar kelompok
    4. Fase 4: Pengembangan belajar mandiri
    5. Fase 5: Refleksi
    1. Kegiatan Pembelajaran
    Pertemuan Kegiatan Waktu
    1 Pendahuluan
    1. Guru menggali pengetahuan awal mengenai wawancara. (fase:1)
    2. Guru menjelaskan kompetensi yang akan dicapai dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari. (fase:1)
    3. Siswa dikelompokkan dengan anggota 4 orang. (fase:1)
    10 mnt

    Kegiatan inti :
    1. Siswa mengamati contoh wawancara dengan tokoh. (fase:2)
    2. Secara kelompok mendiskusikan etika wawancara berdasarkan contoh wawancara dengan cermat. (fase:3)
    3. Siswa mendiskusikan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menyusun pertanyaan untuk wawancara. (fase:3)
    4. Berdasarkan model dan hal-hal yang diperhatikan dalam berwawancara, siswa menyusun pertanyaan wawancara sesuai dengan narasumber dan tujuan wawancara.
    60 mnt

    Penutup:
    1. Guru bersama siswa melakukan refleksi terhadap apa yang telah dipelajari, kesulitan yang dihadapi,
    2. Guru menjelaskan tugas lanjutan untuk melaksanakan wawancara pada pertemuan berikutnya. (fase:5)
    10 mnt
    2 Pendahuluan:
    1. Guru bertanya jawab tentang kesiapan pelaksanaan wawancara.
    2. Guru menyampaikan langkah-langkah wawancara.
    10 mnt

    Kegiatan Inti :
    1. Siswa melakukan wawancara dengan narasumber yang telah dipilih.(fase: 3)
    2. Siswa mencatat pokok-pokok wawancara.(fase:3)
    3. Secara mandiri siswa merangkum hasil wawancara berdasarkan pokok-pokok wawancara yang telah ditemukan.(fase;4)
    60 mnt

    Penutup
    1. Guru bersama siswa melakukan refleksi terhadap apa yang telah dipelajari, kesulitan yang dihadapi, dan kegunaan hasil pembelajaran dalam kehidupan sehari-hari.(fase: 5)
    10 mnt
    1. Alat/Sumber /Bahan
    1. Contoh wawancara
    2. Alat rekam wawancara.
    3. Buku Bahasa Indonesia  CTL SMP, Kisyani Laksono dkk. BSNP..
    4. LKS
    1. Penilaian

    1. Rencana penilaian.
    Indikator Teknik Bentuk Instrumen
    Mampu menyusun daftar pertanyaan untuk berwawancara dengan cermat Tes Tes tulis Buatlah daftar pertanyaan untuk berwawancara sesuai dengan topik yang telah ditentukan!
    Mampu melakukan wawancara dengan narasumber dari berbagai kalangan dengan memperhatikan etika berwawancara. Tes Kinerja Lakukan wawancara dengan narasumber dan pertanyaan yang telah kamu susun kemudian (1) tuliskan hasil wawancara, (2) buatlah rangkman hasil wawancara.

    Sidoarjo, 13 Mei 2010 Kelompok Guru mata pelajaran Bahasa Indonesia
    Kelompok Berbicara Nama Anggota:
    1. 1. Slamet Prihatin
    2. 2. Supryanto
    3. 3. Purwanto
    4. 4. Gerardus Gili

    0 komentar:

    Posting Komentar