RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Nama Sekolah : SMP Kelas/Semester : VIII/1 Alokasi Waktu : 4 x 40 menit (2 x pertemuan)
- Standar Kompetensi
Mengungkapkan berbagai informasi melalui wawancara dan presentasi laporan
- Kompetensi Dasar
Berwawancara dengan narasumber dari berbagai kalangan dengan memperhatikan etika wawancara.
- Tujuan Pembelajaran
- Siswa dapat mampu menyusun daftar pertanyaan untuk berwawancara dengan cermat (NK:cermat dan kreatif) setelah menentukan narasumber dan topik wawancara.
- Siswa mampu melakukan wawancara dengan narasumber dengan memperhatikan etika (NK: santun dan percaya diri) berwawancara setelah menyusun daftar pertanyaan.
- Materi Pokok
- Wawancara
Wawancara adalah tanya jawab dengan seseorang yang diperlukan untuk dimintai keterangan atau pendapatnya tentang suatu hal .
- Etika wawancara
- Mengadakan pertemuan awal dengan orang yang diwawancarai untuk menentukan kesediaan orang tersebut untuk diwawancarai.
- Gunakan bahasa yang efektif, halus dan sopan
- Hindari pertanyaan tentang hal-hal yang tabu atau menyinggung prasaan.
- Pandai-pandailah menyimpulkan jawaban yang panjang lebar
- Langkah wawancara
- Menentukan tujuan wawancara dan informasi yang ingin diperoleh.
- Menyusun daftar pertanyaan
- Menemui tokoh yang diwawancarai
- Melakukan wawancara
- Menyusun hasil wawancara secara teratur dan rapi sebagai hasil akhir.
- Metode Pembelajaran
CTL dengan sintaks Pembelajaran :
- Fase 1: Pengembangan pengetahuan (apersepsi)
- Fase 2: Pemodelan
- Fase 3: Pengembangan belajar kelompok
- Fase 4: Pengembangan belajar mandiri
- Fase 5: Refleksi
- Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan | Kegiatan | Waktu |
1 | Pendahuluan - Guru menggali pengetahuan awal mengenai wawancara. (fase:1)
- Guru menjelaskan kompetensi yang akan dicapai dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari. (fase:1)
- Siswa dikelompokkan dengan anggota 4 orang. (fase:1)
| 10 mnt |
| Kegiatan inti : - Siswa mengamati contoh wawancara dengan tokoh. (fase:2)
- Secara kelompok mendiskusikan etika wawancara berdasarkan contoh wawancara dengan cermat. (fase:3)
- Siswa mendiskusikan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menyusun pertanyaan untuk wawancara. (fase:3)
- Berdasarkan model dan hal-hal yang diperhatikan dalam berwawancara, siswa menyusun pertanyaan wawancara sesuai dengan narasumber dan tujuan wawancara.
| 60 mnt |
| Penutup: - Guru bersama siswa melakukan refleksi terhadap apa yang telah dipelajari, kesulitan yang dihadapi,
- Guru menjelaskan tugas lanjutan untuk melaksanakan wawancara pada pertemuan berikutnya. (fase:5)
| 10 mnt |
2 | Pendahuluan: - Guru bertanya jawab tentang kesiapan pelaksanaan wawancara.
- Guru menyampaikan langkah-langkah wawancara.
| 10 mnt |
| Kegiatan Inti : - Siswa melakukan wawancara dengan narasumber yang telah dipilih.(fase: 3)
- Siswa mencatat pokok-pokok wawancara.(fase:3)
- Secara mandiri siswa merangkum hasil wawancara berdasarkan pokok-pokok wawancara yang telah ditemukan.(fase;4)
| 60 mnt |
| Penutup - Guru bersama siswa melakukan refleksi terhadap apa yang telah dipelajari, kesulitan yang dihadapi, dan kegunaan hasil pembelajaran dalam kehidupan sehari-hari.(fase: 5)
| 10 mnt |
- Alat/Sumber /Bahan
- Contoh wawancara
- Alat rekam wawancara.
- Buku Bahasa Indonesia CTL SMP, Kisyani Laksono dkk. BSNP..
- LKS
- Penilaian
- Rencana penilaian.
Indikator | Teknik | Bentuk | Instrumen |
Mampu menyusun daftar pertanyaan untuk berwawancara dengan cermat | Tes | Tes tulis | Buatlah daftar pertanyaan untuk berwawancara sesuai dengan topik yang telah ditentukan! |
Mampu melakukan wawancara dengan narasumber dari berbagai kalangan dengan memperhatikan etika berwawancara. | Tes | Kinerja | Lakukan wawancara dengan narasumber dan pertanyaan yang telah kamu susun kemudian (1) tuliskan hasil wawancara, (2) buatlah rangkman hasil wawancara. |
| Sidoarjo, 13 Mei 2010 Kelompok Guru mata pelajaran Bahasa Indonesia |
Kelompok Berbicara Nama Anggota:- 1. Slamet Prihatin
- 2. Supryanto
- 3. Purwanto
- 4. Gerardus Gili
0 komentar:
Posting Komentar