RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (  RPP )  NO                                                           :……………v…………………………….SEKOLAH                                          :………………………………………..MAPEL                                              :   MatematikaKELAS / SMT                                :  VIII / 2 WAKTU                                             :   4 Jam  Pelajaran A.STANDAR  KOMPETENSI4    Menentukan unsur, bagian lingkaran serta ukurannya
B.KOMPETENSI DASAR4.5  Melukis lingkaran dalam dan lingkaran luar segitiga
C.TUJUAN PEMBELAJARAN Pertemuan 1 1. Peserta didik dapat melukis lingkaran dalam  segitiga
2. Peserta didik dapat menemukan rumus panjang jari-jari lingkaran  dalam segitiga
3. Peserta didik dapat menghitung panjang jari-jari lingkaran dalam  segitiga
Pertemuan 2
- Peserta didik dapat melukis lingkaran luar segitiga
- Peserta didik dapat menemukan rumus panjang jari-jari lingkaran luar  segitiga
-  Peserta didik dapat menghitung panjang jari-jari lingkaran luar  segitiga
D.MATERI BELAJARPertemuan 1
- Lingkaran dalam segitiga
Pertemuan 2
- Lingkaran luar segitiga
E.METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN1.Metode                      : Demonstrasi,  penemuan, penugasan.
2.Model Pembelajaran : Pembelajaran Langsung
F.LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN Pertemuan 1:
 | No | K e g i a t a n | Waktu | Metode | 
 | 1. | Pendahuluan : 
 Apersepsi   : Guru mengingatkan peserta didik tentang cara melukis  garis bagi sudut,   titik bagi segitiga, rumus luas segitigaGuru   menginstruksikan peserta didik menyiapkan peralatan melukisGuru   menyampaikan tujuan pembelajaranGuru   menyampaikan model pembelajaran yang akan digunakan
 | 
 | 
 | 
 | 2 | Kegiatan  Inti : 
 Eksplorasi Guru   melibatkan peserta didik dalam mengartikan pengertian  lingkaran dalam   segitigaGuru   menginstruksikan peserta didik cara melukis lingkaran dalam  segitiga melalui   demonstrasi yang diperagakan oleh guruElaborasi Dengan   Tanya jawab peserta didik diarahkan untuk menemukan rumus  panjang jari-jari   lingkaran dalam segitiga.Peserta   didik mengerjakan 3 soal yang diberikan guru.Guru   melihat pekerjaan siswa dan memberikan bimbingan bagi yang  mengalami   kesulitan.Guru   membahas soal yang dianggap sulit
 Konfirmasi Guru memberikan kuis pendek kepada siswa untuk   dikerjakan secara  individu dan siswa tidak diijinkan untuk saling membantu   dalam  mengerjakan kuis.Setelah waktu yang diberikan untuk mengerjakan kuis   selesai, guru  menyuruh siswa  untuk   mengumpulkan hasil pekerjaannya.
 | 
 | 
 | 
 | 3 | Penutup 
 Guru   menutup pelajaran dengan membimbing siswa menyimpulkan materi  yang telah   dipelajari.Guru   menyampaikan materi berikutnya dan memberikan PR
 | 
 | 
 | 
 
   Pertemuan 2:  | No | K e g i a t a n | Waktu | Metode | 
 | 1. | Pendahuluan : 
 Apersepsi   : Guru mengingatkan peserta didik tentang cara melukis  garis bagi sudut,   titik bagi segitiga, rumus luas segitigaGuru   menginstruksikan peserta didik menyiapkan peralatan melukisGuru   menyampaikan tujuan pembelajaranGuru   menyampaikan model pembelajaran yang akan digunakan
 | 10 menit | Tanya jawab | 
 | 2 | Kegiatan  Inti : 
 Eksplorasi Guru   melibatkan peserta didik dalam mengartikan pengertian  lingkaran luar segitigaGuru   menginstruksikan peserta didik cara melukis lingkaran luar  segitiga melalui   demonstrasi yang diperagakan oleh guruElaborasi Dengan   Tanya jawab peserta didik diarahkan untuk menemukan rumus  panjang jari-jari   lingkaran luar segitiga.Peserta   didik mengerjakan 3 soal yang diberikan guru.Guru   melihat pekerjaan siswa dan memberikan bimbingan bagi yang  mengalami   kesulitan.Guru   membahas soal yang dianggap sulit
 Konfirmasi Guru memberikan kuis pendek kepada siswa untuk   dikerjakan secara  individu dan siswa tidak diijinkan untuk saling membantu   dalam  mengerjakan kuis.Setelah waktu yang diberikan untuk mengerjakan kuis   selesai, guru  menyuruh siswa  untuk   mengumpulkan hasil pekerjaannya.
 | 
 | 
 | 
 | 3 | Penutup 
 Guru   menutup pelajaran dengan membimbing siswa menyimpulkan materi  yang telah   dipelajari.Guru   menyampaikan materi berikutnya dan memberikan PR
 | 
 | 
 | 
 
 G.SUMBER BELAJAR 1. Buku Paket Matematika VIII
2. BKS
H.PENILAIAN  | Indikator   penilaian | Teknik  penilaian | Bentuk  instrumen | Instrumen | 
 | Melukis   lingkaran dalam segitigaMenghitung   jari-jari lingkaran dalam segitiga
 | Penugasan  Kuis | Essay  Essay 
 | Lukislah   lingkaran dalam segitiga dengan jari-jari 3 cmHitung   panjang jari-jari lingkaran dalam segitiga jika panjang  sisi-sisinya 5 cm, 12   cm dan 13 cmMelukis   lingkaran luar segitigaMenghitung   jari-jari lingkaran luar segitiga
 | 
 | 
 | Penugasan  Kuis | Essay  Essay 
 | Lukislah   lingkaran luar segitiga dengan jari-jari 2 cmHitung   panjang jari-jari lingkaran luar segitiga jika panjang  sisi-sisinya 12 cm, 16   cm dan 20 cm
 | 
 
  | Nilai =  Jumlah Skor perolehan | 
 
 Kunci Jawaban : | No | Jawaban | Skor  nilai | 
 | 1 | Pak, tolong gambarkan ya   … | 25 | 
 | 2 | r = L : s  r = 30 : 15 r = 2 cm
 | 25 | 
 | 3 | Pak, tolong gambarkan   lagi ya … | 25 | 
 | 4 | R = a x b x c : 4L  R = 12 x 16 x 20 : 4 x 96 R = 10 cm
 | 25 | 
 | 
 | Jumlah skor maksimal | 100 | 
 
Jepara,     Juli  2010
Mengetahui                                                                    Guru Mata pelajaran
Kepala SMP ………………….                                           ……………………….
………………………….                                              ………………………..
NIP.                                                                              NIP
 
0 komentar:
Posting Komentar